Minggu, 29 Maret 2020

Puan Maharani Calon Kuat Ketua Tim Pemenangan Jokowi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Puan Maharani Menko PMK mengaku masuk daftar calon Ketua Tim Pemenangan Pasangan Jokowi pada Pilpres 2019, Rabu (8/8/2018), di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Puan Maharani politisi PDI Perjuangan masuk dalam daftar calon ketua tim pemenangan pasangan Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden 2019.

Pengalaman politik Puan baik di lingkup legislatif mau pun eksekutif, menjadi faktor yang dipertimbangkan koalisi partai politik pendukung Jokowi.

Menanggapi kabar itu, Puan Maharani membenarkan namanya masuk daftar calon ketua tim pemenangan pasangan Jokowi.

Tapi, dia belum tahu siapa yang nantinya terpilih, karena harus berdasarkan atas kesepakatan seluruh parpol koalisi.

Puan yang menjabat Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) menyebut, nanti akan ada pertemuan khusus pimpinan parpol koalisi, untuk menentukan ketua tim pemenangan.

Posisi ketua tim pemenangan, kata Puan, sangat penting karena itu juga menjadi salah satu syarat pendaftaran pasangan bakal capres yang harus diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Iya, saya salah satu calon ketua timses Pak Jokowi, banyak calon lainnya. Tapi, saya belum tahu siapa yang terpilih. Itu nanti akan dibahas sama pimpinan parpol. Sekarang saya masih menjalankan tugas sebagai Menko PMK,” ujarnya di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Selain Puan Maharani, politisi yang juga masuk daftar calon ketua tim pemenangan pasangan Jokowi adalah Tjahjo Kumolo dan Pramono Anung, sama-sama dari PDI Perjuangan.

Seperti diketahui, Jokowi yang akan kembali maju sebagai calon presiden, sampai sekarang belum mengumumkan nama bakal calon wakil presiden pendampingnya.

Padahal, batas waktu pendaftaran pasangan bakal capres periode 2019-2024, Jumat (10/8/2018), tinggal dua hari lagi.

Beberapa nama yang cukup sering disebut sebagai kandidat cawapres pendamping Jokowi, antara lain Mahfud MD, Moeldoko, Muhaimin Iskandar, Airlangga Hartarto, Romahurmuziy, Susi Pudjiastuti, Sri Mulyani, dan Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang.

Sementara, sampai hari ini, parpol yang menyatakan mendukung Jokowi adalah PDI Perjuangan, Golkar, PPP, PKB, Nasdem, Hanura, PSI, Perindo dan PKPI.

Satu parpol yang kemungkinan merapat ke dalam koalisi pendukung Jokowi, yaitu Partai Amanat Nasional (PAN).

Parpol yang dipimpin Zulkifli Hasan itu rencananya menentukan dukungan pasangan bakal capres, Kamis (9/8/2018) besok, dalam forum Rakernas. (rid/bas/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Biasanya Berjubel, Kini Sunyi

Social Distancing, Ciputra World Sepi

Surabaya
Minggu, 29 Maret 2020
26o
Kurs