Jumat, 10 Mei 2024

Sehari Sebelum Penetapan Paslon, Gus Ipul Sampaikan Program

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Gus Ipul menyampaikan lima program unggulan di Rumah Gus Ipul-Mbak Puti, Jalan Gayungsari Barat, Surabaya, Minggu (11/2/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Sehari sebelum penetapan pasangan calon dan bakal calon Gubernur Jatim 2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (12/2/2018), Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membeberkan lima program unggulan yang akan dilakukan bersama Puti Guntur Soekarno dalam kesempatan di Rumah Gus Ipul-Mbak Puti, Jalan Gayungsari Barat, Surabaya, Minggu (11/2/2018).

Gus Ipul mengatakan, kelima program itu sesuai visi yang dicanangkan. Yakni Perubahan untuk Jawa Timur Makmur. Menurut Gus Ipul, capaian yang sudah pernah diraih di masa pemerintahan sebelumnya dengan Soekarwo harus dipertahankan.

“Perubahan tetap diperlukan, karena masalah di Jawa Timur masih banyak yang harus diselesaikan. Tapi kita juga perlu mempertahankan capaian baik yang sudah diraih selama ini, seperti turunnya angka kemiskinan, angka pengangguran, peningkatan income per kapita, dan indeks pembangunan manusia yang terus meningkat,” kata Gus Ipul.

Adapun lima program unggulan yang akan dilakukan Gus Ipul dan Mbak Puti yaitu Tebar Jala (Pusat Ekonomi Baru Jalur Selatan), Madin Plus Berkelanjutan, Dik Dilan (Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan), Satria Madura (Satu Triliun untuk Madura), dan Desa Cemara (Desa Cerdas Maju Sejahtera).

Melalui program Tebar Jala, Gus Ipul-Puti Soekarno berkomitmen akan menuntaskan pembangunan Jalan Lintas Pantai selatan (Pansel) untuk pembangunan pusat ekonomi yang difokuskan untuk bidang pariwisata dan daerah penyangga ekonomi agro.

“Tujuannya, membuka koridor isolasi daerah pantai selatan Jawa Timur agar tumbuh sejajar dengan daerah-daerah lain,” kata Gus Ipul.

Selain itu, melalui program Madin Plus, Gus Ipul-Mbak Puti akan memperluas jangkauan penerima dan memasukkannya sebagai bantuan keuangan yang bisa diberikan secara rutin setiap tahun. Bentuk programnya, kata Gus Ipul, antara lain insentif guru Madin yang lebih besar dari sebelumnya, dan bantuan sarana prasarana yang diberikan berbasis jumlah siswa yang dilayani.

“Kita ingin agar pendidikan Madin semakin mapan dalam memberikan kontribusi bagi meningkatnya kualitas pendidikan agama dan akhlak generasi muda,” kata Gus Ipul.

Sementara tiga program lainnya seperti Dik Dilan, Gus Ipul akan menyediakan pendidikan gratis untuk masyarakat Jatim. Kemudian program Satria Madura yang menyediakan dana Rp1 triliun untuk akselerasi pembangunan Madura, dan program Desa Cemara untuk memastikan segenap aspek dan jenis pelayanan bisa dilakukan di tingkat desa.

Selain lima program tersebut, Gus Ipul mengatakan ada 9 agenda prioritas dan 33 janji kerja yang akan ia jalankan bersama Mbak Puti. (ang/den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs