Selasa, 7 Mei 2024

Dress Code Khofifah dan Anak-Anaknya Saat ke TPS

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur dan putra-putrinya memakai pakaian dengan warna seragam saat menyalurkan suaranya untuk Pemilu 2019 di TPS 38 Jemur Wonosari, Surabaya, Rabu (17/4/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur dan putra-putrinya memakai pakaian dengan warna seragam saat menyalurkan suaranya untuk Pemilu 2019 di TPS 38 Jemur Wonosari, Surabaya, Rabu (17/4/2019).

Khofifah memakai baju putih gading dengan jilbab putih, dipadu jarit dominan cokelat pada bagian bawah. Pilihan nada pakaian serupa terlihat pada penampilan Fatimahsang Mannagalli Parawansa putri sulung Khofifah.

Hanya saja, perempuan yang akrab disapa Ima itu memadukan baju dan jilbab putih itu dengan celana kain warna hitam.

Putra-putra Khofifah lainnya juga mengenakan pakaian dengan warna senada. Baik Jalaluddin Mannagalli Parawansa, Yusuf Mannagalli Parawansa, maupun Ali Mannagalli Parawansa. Semuanya dominan putih.

Pilihan berbusana Khofifah dan keluarga ini barangkali menyesuaikan instruksi Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim tentang aturan berbusana (dress code) saat ke TPS bagi nahdliyin dan nahdliyat.

Bedanya, kalau nahdliyin diinstruksikan menggunakan sarung, nahdliyat diminta mengenakan jilbab warna hijau untuk mendampingi baju putih yang dikenakan. Namun, jilbab yang dipakai Khofifah dan Ima tidak hijau.

Dress Code Khofifah dan keluarga ini pun dikait-kaitkan dengan dress code Joko Widodo dan Ma’ruf Amin Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01.

Pada Kampanye Akbar di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (13/4/2019) lalu, Ma’ruf Amin yang pernah menjadi Rois Aam PBNU itu meminta pendukungnya memilih pasangan putih-putih.

Di dalam kertas suara, gambar Jokowi dan Ma’ruf Amin sebagai pasangan 01 memang mengenakan kemeja putih-putih. Namun Khofifah beralasan, pakaian putih-putih itu selalu mereka kenakan pada setiap Pemilu.

“Waktu Pilgub (Pemilihan Gubernur) lalu (2018) aku (pakai) baju putih, Pilgub sebelumnya, yo, baju putih. Pilgub sebelumnya (lagi) juga baju putih,” ujarnya sambil berjalan pulang dari TPS 38 ke rumahnya di Jemursari VIII yang berjarak beberapa langkah.

Perlu diketahui, Khofifah sudah kali ketiga maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jawa Timur 2018. Dia akhirnya terpilih pada Pilgub 2018 lalu berdampingan dengan Emil Elestianto Dardak sebagai Wakil Gubernur Jatim.

Dalam setiap kontestasi politik itu, Khofifah juga mencoblos di TPS yang sama di dekat rumahnya di Surabaya, dan seperti yang dia nyatakan, dia selalu memakai baju putih. Seolah warna itu turut menentukan kemenangannya di “Pilgub lalu.”

Khofifah, dalam kontestasi Pemilu Serentak 2019 untuk Pemilihan Presiden, Legislatif, dan DPD, juga memakai baju putih saat ke TPS.(den/tin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
31o
Kurs