Jumat, 29 Maret 2024

Dubes Pastikan WNI di AS Bisa Menyalurkan Hak Suara

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Budi Bowoleksono Duta Besar RI untuk Amerika Serikat. Foto: Antara.

Budi Bowoleksono Duta Besar RI untuk Amerika Serikat menyatakan, persiapan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Negeri Paman Sam berjalan dengan lancar guna memastikan WNI bisa menyalurkan hak suara mereka.

“Jumlah pemilih yang merupakan WNI di AS adalah sekitar 51.000 orang,” kata Budi Bowoleksono di KBRI, Washington DC, dilansir Antara Senin (14/1/2019) waktu setempat atau Selasa (15/1/2019) WIB.

Menurutnya, dapat dipastikan WNI yang terdaftar sebagai pemilih bisa menyalurkan hak suara mereka baik untuk pemilu legislatif maupun pemilu presiden yang berlangsung serentak itu.

Bahkan, ia mencontohkan bahwa pihaknya juga sampai khusus memastikan bahwa para WNI yang bekerja di kapal pesiar milik perusahaan yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat, juga bisa ikut memilih.

“Ada sekitar 8.000 WNI yang bekerja di kapal pesiar,” kata Budi Bowoleksono.

Dubes mengungkapkan, berbagai suara yang dihimpun dari sekitar 15 kapal pesiar itu nanti akan dihimpun di Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang berada di San Francisco.

Ia juga menyampaikan, karena adanya pengiriman melalui pos dan sejumlah mekanisme lainnya, maka pemilu di luar negeri biasanya dimulai lebih dahulu dibanding di Indonesia, tetapi hasil pemilihan dihitung pada hari yang sama dengan penghitungan suara di Tanah Air.

Budi juga memastikan bahwa surat suara setelah dicoblos dan dimasukkan ke kotak suara akan dijaga dengan ketat di ruangan khusus yang dipasangi CCTV, sampai dibuka kembali untuk dihitung hasil suara pemilihan tersebut. (ant/wil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs