Sabtu, 18 Mei 2024

Gerindra Usung Ahmad Muzani Sebagai Calon Ketua MPR RI

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ahmad Riza Patria politisi Partai Gerindra. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Ahmad Riza Patria politisi partai Gerindra menegaskan kalau partainya mengusung Ahmad Muzani Sekjen Partai sebagai calon Ketua MPR.

“Posisi Muzani di periode lalu adalah Wakil Ketua MPR,” ujar Riza di gedung Parlemen, senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Menurut dia, diusungnya Ahmad Muzani untuk menggambarkan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa pasca Pilpres yang banyak menguras energi lahir dan bathin, kini telah tiba masa dimana semua pihak membina kolaborasi politik tanpa meninggalkan check and balances.‎

Sekadar diketahui, ada tiga lembaga perwakilan di tingkat nasional, yaitu MPR, DPR dan DPD. Ketua DPR otomatis diambil oleh PDI Perjuangan, sedangkan Ketua DPD dimenangkan oleh La Nyala Matalitti.

“Apabila Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR, maka tampak keseimbangan politik yang cantik, menggambarkan keberagaman pendapat di republik ini. Dengan begitu, Rekonsiliasi Nasional mendapatkan titik start yang baik,” tegas Riza.

Menurut Riza, mekanisme pemilihan Ketua MPR akan dilakukan Kamis, 3 Oktober besok. Para calon Ketua MPR berasal dari 10 nama yang diusulkan oleh fraksi atau kelompok DPD. Satu diantaranya jadi ketua, dan sembilan orang lainnya otomatis menjadi wakil ketua.

“Kami berharap para pimpinan partai politik bersama-sama dengan DPD RI mengusahakan kesepakatan musyawarah mufakat dan bermufakat agar Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR,” pungkas Riza.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
28o
Kurs