Sabtu, 28 Mei 2022

Koalisi Adil Makmur dan BPN Resmi Berakhir

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Konferensi pers di Media Center Prabowo-Sandi,Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/6/2019). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Prabowo Subianto Capres 02 mengundang partai koalisi untuk bertemu di Kertanegara kediaman Prabowo, Jumat (28/6/2019).

Hadir semua Sekjen partai koalisi, masing-masing Mustafa Kamal dari PKS, Hinca Panjaitan dari Partai Demokrat, Eddy Soeparno dari PAN dan Priyo Budi Santoso dari Partai Berkarya.

Ahmad Muzani Sekjen Partai Gerindra mengatakan kalau pertemuan berlangsung hangat dan akrab.

“Pertemuan pada hari ini Partai Koalisi Adil dan Makmur mengusung Prabowo Sandi dalam Pilpres 2019 diselenggarakan atas undangan dari calon presiden yakni pak Prabowo dan pak Sandy. Pertemuan berlangsung sejak pukul 14.30 WIB sampai Maghrib tadi. Pertemuan berlangsung secara akrab dan berlangsung dalam suasana kehangatan yang amat bagus,” ujar Muzani dalam konferensi pers di Media Center Prabowo-Sandi,Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/6/2019).

Kemudian, kata Muzani, masing- masing pimpinan partai juga menyampaikan pandangan tentang berbagai macam hubungan dan kerjasama politik ke depan pasca putusan Mahkamah Konstitusi tersebut.

Menurut Muzani, dalam pertemuan tersebut,Prabowo mengucapkan terima kasih kepada partai koalisi dan seluruh relawan serta pendukungnya.

“Pak Prabowo menyampaikan ucapan terima kasih yang amat besar kepada partai koalisi atas kepercayaan partai-partai koalisi yakni PKS, PAN, Demokrat dan Berkarya dalam pemilihan umum presiden yang baru saja berlangsung 17 April yang lalu,” jelasnya.

Kata Muzani, kepercayaan ini bagi Prabowo adalah sebuah kekuatan besar dan amanah yang luar biasa besar.

“Dan beliau (Prabowo) mengangkat kepercayan ini sebagai kepercayaan yang luar biasa diberikan kepada partai-partai kepada beliau untuk menjadi calon presiden dan wakil presiden,” tegasnya.

Sebaliknya, kata dia, partai koalisi juga memberikan jawaban dan menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik selama ini.

Selain itu, Muzani juga menjelaskan kalau Prabowo menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada partai koalisi dan para pendukung pasangan 02 yang sampai dengan detik kemarin dukungannya dan harapannya begitu besar tetapi kemudian Mahkamah Konstitusi menyatakan hal seperti itu (gugatan ditolak).

Prabowo, menurut Muzani, merasa bahwa perjuangan ini belum selesai dan kesadaran untuk menyelamatkan masa depan bangsa harus terus dipelihara, kesadaran untuk membangkitkan bangsa dan negara harus terus dipupuk, karena ini menjadi kesadaran bersama yang sudah hidup di tengah masyarakat.

“Oleh karena itu apa yang dikatakan Mahkamah Konsitusi adalah satu step dan kita berharap pada step-step berikutnya untuk membangkitkan kembali perjuangan kita di berbagai macam forum dan forum bersama lainnya,” kata dia.

Oleh karena itu, kata Muzani, Prabowo berharap hubungan yang sudah terjalin dengan baik ini akan akan terus menjadi sebuah komunikasi.

Sebagai sebuah koalisi yang mengusung calon presiden dan wakil presiden di dalam pemilihan umum presiden 17 April lalu tugas koalisi adil dan makmur dianggap selesai. Oleh karena itu, hari ini Prabowo mengucapkan terima kasih dan koalisi adil makmur selesai. Demikian juga dengan BPN (Badan Pemenangan Nasional) Prabowo Sandi selesai.

“Kenapa, karena Mahkamah Konsitusi sudah mengambil keputusan final dan mengikat seperti yang sudah kita tahu bersama oleh karena itu mandat yang diberikan oleh partai kepada beliau sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden hari ini dikembalikan kepada partai masing masing dan relawan,” jelas Muzani.

Kata dia, selanjutnya Prabowo menyerahkan keputusan politik berikutnya kepada pertimbangan partai masing masing yang tentu saja semua partai memiliki pertimbangan dan cara berpikir yang tidak bisa diintervensi satu sama lain. Oleh karena itu Prabowo menghormati semua dan mempersilahkan partai politik untuk mengambil keputusan dan langkah politiknya masing masing.

Namun demikian, kataMuzani, dalam pertemuan hari ini berkembang agar suasana kekeluargaan yang telah terbangun dengan baik terus menjadi sebuah forum komunikasi. Maka disepakatilah untuk terus memelihara komunikasi dalam sebuah forum, meskipun itu informal yaitu cafe morning atau kaukus adil makmur yang menjadi forum komunikasi bagi partai partai yang pernah mengusung Prabowo-Sandi termasuk para relawan yang pernah mendukung Prabowo Sandi.

“Karena kita merasa bahwa perjuangan dan langkah-langkah perjuangan akan terus dilakukan pada masa-masa mendatang . Beliau misalnya mengatakan bagaimana bekerjasama di parlemen dan bekerjasama di berbagai forum politik lainnya yang dimungkinkan kita harus bersatu untuk kepentingan bersama,” pungkas Muzani.(faz/ipg)

Surabaya
Sabtu, 28 Mei 2022
31o
Kurs