Rabu, 24 April 2024

Bawaslu: Secara Umum Pencoblosan di Surabaya Lancar

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Situasi saat pemungutan suara Pemilu 2019 di TPS 43, Pakis Tirtosari, Kelurahan Pakis, Kecamatan Sawahan, Surabaya, Rabu (17/4/2019). Foto: Iping suarasurabaya.net

Usman Komisioner Bawaslu Surabaya Divisi Penindakan & Pelanggaran mengatakan, secara umum proses pencoblosan sampai pukul 12.00 WIB, Rabu (17/4/2019), berjalan lancar.

Hanya saja, terdapat sedikit kendala di pagi hari saat dimulainya pembukaan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Usman mengatakan, kendala di pagi hari tadi antara lain sedikit molornya pembukaan TPS karena harus menunggu lengkapnya para saksi peserta pemilu.

Selain itu, ada kendala sedikit di TPS 21 Kalibutuh karena adanya saksi yang mengenakan atribut peserta pemilu. Namun, kendala tersebut akhirnya dapat diatasi oleh petugas KPPS.

Usman mengatakan, Bawaslu juga mengintruksikan kepada pengawas TPS, Kelurahan, Kecamatan, untuk mengingatkan para petugas KPPS bahwa 30 menit sebelum pukul 13.00 WIB agar mengumumkan ke masyarakat yang belum menggunakan hak suaranya segera datang ke TPS mencatat daftar hadir (C7) untuk menggunakan hak suaranya.

Bawaslu juga mengingatkan kepada KPPS kalau masyarakat sudah daftar sebelum pukul 13.00 WIB agar dimaksimalkan pencoblosan sampai selesai. Namun bagi yang belum mengisi daftar hadir C7 lebih jam 13.00 WIB tidak diperkenankan untuk masuk TPS.(bid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs