Kamis, 13 Mei 2021

36 Ribu KPPS Lolos Seleksi untuk Pilkada Surabaya 2020

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Nur Syamsi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya. Foto: Dok/Abidin suarasurabaya.net

Nur Syamsi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya memastikan sebanyak 36.288 orang lolos seleksi sebagai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menjadi petugas TPS di hari pencoblosan Pilkada Surabaya 9 Desember 2020.

Syamsi bilang secara total ada 37 ribu orang lebih yang mendaftar, tapi 1000 orang harus gugur karena faktor usia dan tidak sesuai alamat TPS. Syamsi bilang, pihaknya akan segera menetapkan 36.288 petugas KPPS tersebut. Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU), penetapan dilakukan pada 23 November 2020. Jadwal penetapan ini juga telah disampaikannya pada 15 November lalu.

“Penetapan KPPS tanggal 23 November. Sudah kita umumkan tanggal 15 (November) kemarin, jumlahnya cukup,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Jumat (20/11/2020).

Syamsi menjelaskan, pelantikan petugas KPPS, dilakukan di masing-masing TPS tepat hari pencoblosan 9 Desember 2020 mendatang. Nantinya Ketua KPPS yang akan melantik anggotanya sekaligus apel pemungutan suara.

“Sebelum pukul 07.00 WIB, anggota KPPS harus sudah dilantik, terus seluruh kelengkapan TPS harus siap H-1, sebelum tanggal 9 Desember paling lambat tanggal 8 Desember,” kata Syamsi.

Syamsi bilang, tugas dan tanggung jawab KPPS (petugas TPS) secara umum melakukan pemungutan dan perhitungan suara. Secara teknis tidak ada perubahan. Hanya saja ada penekanan kedisiplinan protokol kesehatan Covid-19, mengingat masih di masa pandemi.

“Petugas harus dilengkapi APD, penyemprotan disinfektan rutin, memisahkan pemilih yang suhunya di atas 37 (derajat celcius) dan mengatur jaga jarak antrean pemilih,” jelas dia.(bid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Kamis, 13 Mei 2021
30o
Kurs