Rabu, 29 Juni 2022

Bawaslu Mojokerto Akan Selidiki Video Viral Uang Berceceran di Salah Satu Mobil Bertuliskan Salah Satu Paslon

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Aris Fahrudin Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto. Foto: Fuad Maja FM

Viralnya video tumpukan uang pecahan Rp100 ribu dalam mobil salah satu pendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto, membuat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan memanggil pemilik mobil.

Aris Fahrudin Ashat Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto mengaku, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan masuk soal beredarnya video tersebut. Namun pihaknya telah melakukan investigasi dan akan memanggil pemilik mobil pada, Senin (5/10/2020) pukul 19.00 WIB.

Kata dia, pemanggilan terhadap pemilik mobil tak lain untuk mengklarifikasi maksud dan tujuan terkait video tersebut.

“Klarifikasi ini sebagai bahan untuk kita kaji lebih dalam, karena kemarin informasinya kita ngeceknya by phone. Pemilik mobil mengaku yang beredar dalam video bukanlah pemilik mobil melainkan temannya. Dan itu hanya iseng-iseng,” katanya berdasarkan laporan Fuad Maja FM kepada suarasurabaya.net.

Terkait dugaan terkait money politic, kata Aris hal itu sangat lemah karena dalam video tersebut tidak ada transaksi. Namun jika uang di dalam mobil tersebut kedapatan sudah dibagikan ke masyarakat, lanjut Aris, maka ada ketentuan pidana. Baik pemberi maupun penerima yakni sesuai dengan Pasal 73 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pelanggaran Money Politic.

“Unsur money politic itu harus ada yang memberi dan yang diberi uang. Tapi dalam video berdurasi singkat itu tidak ada hal tersebut, barang belum kemana-mana dan lagi uang itu mau dibuat apa juga belum jelas. Jadi harus dikaji lebih dalam. Mobil timses maupun non timses itu lumrah kalau didalamnya berisi banyak uang,” pungkasnya.

Sebelumnya, video berdurasi 31 detik viral di media sosial Whatsapp. Nampak mobil Daihatsu Xenia putih bernopol S 1012 SC nampak bercoret cat pylox bertuliskan pasangan calon nomor urut 1, Ikfina Fahmawati-Muhammad Al Barra (IkBar) dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto 2020.

Yang mengegerkan lagi, dalam video yang diabadikan oleh salah seorang pria menggunakan kaos warna hitam ini tergambar jelas uang pecahan Rp100 ribuan berserakan di jok, dasbor dan lantai mobil. Tak hanya di depan, bagian tengah mobil juga terlihat uang pecahan yang sama dengan jumlah yang cukup banyak juga tercecer di jok dan lantai mobil.(ant/tin)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 29 Juni 2022
32o
Kurs