Jumat, 29 Maret 2024

Debat Publik, Tim Eri Cahyadi-Armudji Minta Paslon Bersih dari Contekan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 1, Eri-Armuji. Foto: dok suarasurabaya.net

Wimbo Ernanto Liaison Officer (LO) Eri Cahyadi-Armudji Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 1 mengatakan, dirinya mengusulkan paslon harus bersih dari contekan yang berisi materi data dalam debat publik perdana 4 November 2020 mendatang.

“Tim sebelah berharap pasangan calon diperbolehkan membawa materi data atau contekan. Kami mengusulkan bersih dari contekan,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (28/10/2020).

Menurut Wimbo, usulan membawa contekan itu sempat mengemuka dalam rapat teknis di Kantor KPU Kota Surabaya, Senin (26/10/2010), yang dihadiri kedua tim pasangan calon.

Menurut Wimbo, dengan paslon tidak membawa contekan materi data, maka masyarakat secara lugas dan orisinil bisa menilai seberapa luas pasangan calon memahami seluk beluk persoalan Kota Surabaya. Memahami konsep dan detail.

“Dari situ kan masyarakat bisa mengetahui, siapa pemimpin yang paham seluk beluk Surabaya dengan segala permasalahan dan solusinya. Pemahaman konsep, detil maupun solusinya,” imbuh Wimbo yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.

Menurut Wimbo, tidak ada alasan untuk menolak usulan tersebut jika pasangan calon benar-benar siap memimpin kota yang sudah tertata dengan baik seperti sekarang ini.

“Penyelenggara menyediakan ruang di belakang panggung kepada tim untuk berdiskusi sebelum acara debat. Itu sudah cukup, tinggal bagaimana pasangan calon benar-benar menguasai materi di luar kepala,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi titik temu terkait usulan yang ditolak kubu Paslon 2 tersebut, Wimbo mengaku tidak diputuskan dalam pertemuan kemarin dan akan dibahas lebih lanjut.

“Kemarin KPU tidak bisa memutuskan, karena masih akan dipelajari di PKPU. Intinya kita tetap usulkan itu,” tandasnya.

Sekadar diketahui, debat terbuka kandidat Cawali dan Cawawali Pilkada Surabaya 2020 dijadwalkan digelar pada tanggal 4 November 2020 di Hotel JW Marriott. Eri Cahyadi-Armudji akan beradu gagasan dengan Machfud Arifin-Mujiaman.

Sesuai aturan, peserta debat hanya dibatasi 7 orang per kubu pasangan calon, yang terdiri dari Cawali dan Cawawali, 4 orang tim debat serta 1 orang bagian dokumentasi.(bid/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs