Sabtu, 20 April 2024

DPR Apresiasi Menhan Serta Pelibatan TNI dan BIN Atasi COVID-19

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Abdul Kharis Almasyhari Ketua Komisi I DPR. Foto: DPR

Abdul Kharis Almasyhari Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI mengapresiasi keberhasilan Menteri Pertahanan, TNI dan semua stakeholder yang telah berhasil menggelar operasi Bantuan Kemanusiaan (Humanitarian Aid) guna membawa alat-alat kesehatan dari Tiongkok untuk membantu Indonesia melawan penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Tanah Air.

“Alhamdulillah, tidak ada kata terlambat, upaya semua pihak kita apresiasi termasuk Pak Prabowo sebagai Menteri Pertahanan, semua langkah untuk mengatasi musibah pandemi virus COVID-19. Semoga bisa kita tanggulangi dengan alat-alat bantuan dari Tiongkok,” ujar Kharis dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/3/2020).

Kharis mengatakan, Komisi 1 DPR RI dengan dukungan penuh mendukung semua langkah lanjutan terkait penggunaan dua mitra Komisi 1 DPR yaitu TNI dan BIN yang masuk dalam gugus tugas penanggulangan covid-19.

“TNI dan BIN amat penting dilibatkan untuk menjaga agar upaya dalam mengatasi kegawatdaruratan berjalan aman, fokus dan tepat serta cepat dalam upaya mengatasi musibah ini, saya yakin BIN dan TNI akan menambah kekuatan gugus tugas menjalankan amanah Presiden,” jelas Kharis.

Hal itu termasuk upaya Kementerian Pertahanan RI bersama Mabes TNI mengambil langsung bantuan dengan menggunakan pesawat udara militer milik TNI AU.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, upaya mengatasi pandemi ini harus dilakukan bersama seluruh elemen bangsa tidak terkecuali, TNI dan BIN membantu dengan segenap daya dan upaya, masyarakat juga saya menghimbau bantu dengan lakukan pembatasan sosial sebagaimana terdefinisi dalam UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan atau definisi terbaru pemerintah ‘physical distancing’ jaga jarak fisik,” tegas Kharis.

Anggota DPR RI Fraksi PKS asal Solo ini juga berharap upaya Polri dan TNI serta Aparat sipil lainnya membubarkan kerumunan yang membahayakan agar dilihat sebagai upaya bersama untuk keselamatan bersama dengan penegakan hukum secara selektif, terukur dan sesuai dengan tujuannya menyelamatkan nyawa anak bangsa dari korban pandemi virus COVID-19.

“Kita harapkan semua masyarakat bisa mematuhi himbauan petugas di lapangan yang tetap mengedepankan upaya proaktif manusiawi dan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku, semoga kita bisa saling bersabar dan dengan itu Allah SWT menolong dan melindungi kita, insya Allah,” pungkas Kharis.(faz/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs