Sabtu, 20 April 2024

TNI AU Kerahkan Empat Hercules untuk Evakuasi Korban Kerusuhan Wamena

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Pengungsi korban kerusuhan dari Wamena, Papua, yang diangkut menggunakan pesawat Hercules tiba TNI di Lanud Pattimura, Ambon, Maluku, Rabu (2/10/2019). Foto: Antara

TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan empat pesawat Hercules untuk mengevakuasi korban kerusuhan dari Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, ke Jayapura.

“Evakuasi hingga Kamis masih dilakukan,” kata Marsekal Pertama TNI Tri Bowo Budi Santoso Komandan Lanud Silas Papare di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Kamis (3/10/2019).

Ia mengatakan bahwa satu dari empat pesawat Hercules yang digunakan untuk mengevakuasi korban kerusuhan Wamena saat ini sudah kembali ke Base Ops di Surabaya mengangkut 150 pengungsi asal Wamena untuk diturunkan di Makassar dan Surabaya.

Dengan demikian, ia melanjutkan, tersisa tiga pesawat Hercules untuk mengangkut para pengungsi dari Wamena ke Jayapura.

“Pengungsi yang sudah dievakuasi ke Jayapura tercatat 8.087 orang dan jumlah itu akan bertambah,” kata Tri Bowo, seperti dilansir Antara.

Setibanya di Sentani, ia menjelaskan, para pengungsi ditempatkan di tempat-tempat penampungan pengungsi yang ada di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Demonstrasi yang berujung kerusuhan di Wamena pada 23 September 209 menyebabkan lebih dari 30 orang meninggal dunia serta mengakibatkan kerusakan banyak bangunan rumah, kantor, kios, dan fasilitas umum. Peristiwa itu mendorong sebagian warga mengungsi dari Wamena. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs