Rabu, 18 Mei 2022

Dua Paslon Bakal Beradu Menjawab Tantangan Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan

Eri Cahyadi-Armudji dan Machfud Arifin-Mujiaman dua pasangan calon peserta Pilkada Surabaya 2020 bakal adu gagasan dalam debat publik perdana yang digelar KPU Surabaya di Ballroom JW Marriot, Rabu (4/11/2020).

Dua paslon bakal bertarung gagasan dalam menjawab permasalahan dan tantangan Kota Surabaya di era Pandemi Covid-19.

“Tema besarnya: Menjawab Permasalahan dan Tantangan Kota Surabaya di Era Pandemi Covid-19,” ujar Nur Syamsi Ketua KPU Surabaya kepada suarasurabaya.net, Selasa (3/11/2020).

Syamsi mengatakan, tema besar itu kemudian dibreakdown menjadi lima sub tema sekaligus lima pertanyaan oleh para lima panelis dari berbagai perguruan tinggi di Jatim.

Para penelis itu adalah Prof Nurhasan Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Dr Sukadiono Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Prof Dr David S. Perdanakusuma Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Dr Romy Hermawan dari Universitas Brawijaya Malang, dan Akhmad Jayadi Dosen Fakultas Ekonomi Unair.

“Mereka ditunjuk sesuai dengan kapasitas keilmuannya,” kata Syamsi.

Syamsi bilanh, lima sub tema telah disampaikan kepada masing-masing LO pasangan calon. Sedangkan lima pertanyaan masih tersimpan di masing-masing panelis dan baru disampaikan pada saat debat.

“Lima pertanyaan untuk masing-masing paslon disampaikan pada saat debat berlangsung,” katanya.

Sementara itu, Subairi Komisioner KPU Kota Surabaya Bidang Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM mengatakan, debat akan berlangsung 120 menit dengan rincian 90 menit debat dan 30 menit iklan layanan masyarakat. Debat dimulai pukul 19.00 WIB sampai 21.00 WIB.

“Debat publik akan dibagi menjadi enam segmen. Di dalamnya termasuk penyampaian visi, misi, dan program masing-masing paslon beserta pendalamannya, tanya jawab dan sanggahan antar paslon, dan penutup,” katanya

Jumlah orang di dalam ruangan lokasi debat juga dibatasi. Hanya ada dua pasangan calon, 4 tim kampanye untuk masing-masing paslon, panelis, satgas Covid-19, dua orang dari Bawaslu, dan komisioner KPU. (bid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Jalan Tambak Osowilangon Macet

Jalan Ahmad Yani Surabaya Pada Petang Hari

Kemacetan di Ketintang Arah Jalan Karah

Surabaya
Rabu, 18 Mei 2022
28o
Kurs