Sabtu, 27 April 2024

Dua TPS di Jatim Harus Gelar PSU

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Choirul Anam Ketua KPU Jatim setelah Rakor Persiapan Pilkada Serentak 2020 di Surabaya, Senin (30/11/2020). Foto: Dok/Denza suarasurabaya.net

Choirul Anam Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim menegaskan, terdapat dua daerah di Tempat Pemungutan Suara (TPS) bakal digelar Pemungutan Suara Ulang (PSU). Masing-masing di TPS 46 Kedurus, Karangpilang, Surabaya dan di TPS 03 Desa Purwodadi Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Anam menerangkan, PSU di satu TPS Surabaya harus dilakukan karena KPPS memberikan penandaan (nomor urut) pada surat suara sehingga tidak menjamin asas kerahasiaan pemilih.

Anam bilang, dari proses klarifikasi yang dilakukan oleh KPU Surabaya terhadap petugas KPPS 46 Kedurus, bahwa penandaan dengan memberikan nomor urut pada surat suara bukan dimaksudkan untuk hal yang melanggar regulasi, melainkan untuk memudahkan dalam proses penghitungan surat suara saat pelaksanaan proses penghitungan.

“Tapi sesuai rekomendasi Bawaslu, PSU tetap digelar KPU Surabaya pada Minggu 13 Desember 2020,” kata Anam, Kamis (10/12/2020).

Sedangkan untuk di Kabupaten Malang dikarenakan ada dua orang lebih yang tidak ada dalam DPT dan juga bukan pemilih ber-KTP setempat yang menggunakan suara dan dilayani oleh KPPS.

Dari klarifikasi KPU setempat, kata Anam, KPPS menyatakan hanya ingin memfasilitasi pemilih yang datang ke TPS tanpa bermaksud melakukan pelanggaran.

“Hal ini terjadi karena KPPS kurang paham dalam memahami jenis-jenis pemilih, sehingga mengakibatkan lolosnya pemilih yang tidak memiliki hak untuk menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut terlayani,” katanya.

Anam pun menegaskan, KPU Kabupaten Malang tetap mematuhi rekomendasi Bawaslu untuk menggelar PSU TPS 03 Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang itu.

“Karena kami juga sudah siap kalau memang dari awal kita sudah membuat surat suara cadangan untuk pemungutan suara ulang,” imbuhnya.

Jadi, ungkap Anam, di setiap Kabupaten Kota sudah dicetak masing-masing 2.000 lembar untuk kebutuhan kalau ada pemungutan suara ulang.

“Jadi secara logistik secara personil, mungkin kita sudah siap, langsung kita laksanakan dalam waktu yang cepat,” ujarnya. (bid/ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs