Kamis, 25 Februari 2021

KH Robbach Tutup Usia, PKB Kehilangan Mahaguru

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Fauzan Fuadi Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPW PKB Jatim. Foto : Istimewa

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur sangat kehilangan wafatnya KH Robbach Ma’sum. Sebab, Kiyai Robbach dianggap sebagai guru sekaligus lambang kebesaran PKB.

“PKB secara kelembagaan sangat kehilangan atas kepergian Sang Mahaguru di Kabupaten Gresik. Pak Kyai Robbach bagi PKB adalah lambang kebesaran. Pemikiran-pemikiran beliau untuk NU dan PKB menjadikan Gresik disegani di Jawa Timur,” ujar Fauzan Fuadi Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur, Selasa (22/9/2020).

Fauzan mengatakan, DPW PKB Jawa Timur menginstruksikan kepada DPC PKB Kabupaten Gresik agar menginstruksikan jajaran dewan pengurus anak cabang (DPAC) dan dewan pengurus ranting (DPRt) menggelar shalat ghaib dan tahlil tujuh hari berturut-turut atas wafatnya Kyai Robbach.

“Figur dan ketokohan beliau juga begitu dirasakan oleh anak-anak muda NU di Gresik. Setelah purna sebagai Bupati, beliau masih terus mendedikasikan hidupnya untuk berkhidmat bagi masyarakat. Beliau punya rutinan ngaji kitab kuning di kantor PCNU yang jamaahnya sebagian besar anak-anak muda,” katanya.

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Kami bersaksi Kyai Robbach Ma’sum adalah orang yang baik dan mulia. Sugeng tindak Kyai, mudah-mudahan kami bisa meneruskan perjuangan panjenengan,” kata Fauzan.

Sekadar diketahui, KH Robbach Ma’sum Mantan Bupati Gresik, yang pernah memimpin wilayah itu selama 10 tahun tutup usia di kediamannya, Jalan Kalimantan, Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) Kabupaten Gresik, pada Selasa (22/9/2020) sekitar pukul 05.00 WIB.

Reza Pahlevi Kabag Humas Pemkab Gresik membenarkan berita itu, dan beberapa pejabat serta pemegang kebijakan juga melakukan takziah atau berkunjung ke rumah duka.

Jenazah kemudian dibawa ke Kecamatan Dukun dan dimakamkan di TPU Kecamatan Dukun, Gresik.

KH Robbach Ma’shum, yang tercatat sebagai Mustasyar PCNU Gresik ini, lahir pada 25 Maret 1947. Pernah menjadi Bupati Gresik untuk periode 2000 – 2005 dan 2005-2010, pernah menjabat Ketua DPRD Kabupaten Gresik (1999 – 2000).

KH Robbach Ma’sum merupakan sesepuh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Kabupaten Gresik, dan politisi senior di Jawa Timur.

KH Robbach juga sering menjadi jujugan para politisi muda khususnya di wilayah pantai utara (pantura) Gresik, Lamongan dan Bojonegoro untuk belajar berpolitik atau hanya meminta restu maju dalam pelaksanaan Pilkada.

KH Robbach mempunyai segudang pengalaman sebagai pemimpin organisasi, baik agama maupun kemasyarakatan. Bahkan, sebelumnya juga ikut memenangkan Khofifah-Emil dalam Pilgub Jatim 2018. Kalai itu Robbach menjabat sebagai Penasehat Tim Pemenangan Khofifah-Emil di Gresik.

Dalam Pilpres 2019, KH Robbach Ma’sum juga telah mendukung penuh bahkan mengaku telah mewakafkan dirinya untuk kemenangan pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin. (bid/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Masuk Sungai di Jemursari

Truk Tabrak Rumah di Purwosari

Penambalan Jalan di Kletek

Operasi Sidoresik di Gedangan

Surabaya
Kamis, 25 Februari 2021
24o
Kurs