Kamis, 28 Maret 2024

KPU Hindari Kluster Baru Penyebaran Covid-19 Melalui Simulasi Pemungutan Suara Langsung

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Masyarakat berbondong-bondong ke TPS untuk menyalurkan hak suaranya di Pemilu 2019. Foto: Dok./ Iping suarasurabaya.net

Sejumlah persiapan tengah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), termasuk simulasi pemungutan suara langsung untuk menghindari TPS menjadi kluster baru penyebaran Covid-19.

“Kita tidak ingin pemilihan serentak 2020 berjalan lancar tapi di sisi lain menimbulkan kluster baru penyebaran Covid-19 di Jawa Timur,” kata Gogot Cahyo Baskoro Komisioner KPU Jatim Divisi Hubungan Partisipasi Masyarakat & Sosialisasi.

Saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Selasa (19/8/2020), Gogot menjelaskan, KPU RI telah melakukan antisipasi dan mengeluarkan SE 2020 mengenai pelaksanaan protokol kesehatan di dalam pemilihan serentak lanjutan.

KPU RI juga membuat simulasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS dengan memenuhi standar protokol kesehatan.

“Beberapa hal yang dilakukan untuk melakukan antisipasi misalnya kemarin di simulasi menyiapkan berbagai standar protokol kesehatan di TPS,” ujarnya.

Protokol kesehatan di TPS meliputi penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah pemungutan suara, penyediaan hand sanitizer dan cek suhu tubuh di seluruh TPS, serta pengaturan tempat duduk dan jarak antrian.

“Yang saat ini sedang disimulasikan oleh KPU adalah penggunaan alat coblos sekali pakai yang diberikan pada pemilih. Tinta juga sedang disimulasikan, tidak dicelupkan seperti biasanya tapi diteteskan oleh petugas,” jelasnya. (dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs