Jumat, 30 Oktober 2020

KPU Jatim Baru Terima Hasil Tes Kesehatan Bapaslon Positif Covid-19 dari Trenggalek

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Insan Qoriawan Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan di depan ruangannya, Jumat (26/4/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim baru menerima laporan hasil tes kesehatan dari bakal pasangan calon (Bapaslon) di Trenggalek yang salah satunya terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebagaimana diketahui, ada tiga daerah penyelenggara di Jatim yang satu di antara Bapaslon yang ada terjangkit Covid-19. Selain Trenggalek, ada satu calon dari salah satu Bapaslon di Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Insan Qoriawan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim menyatakan itu. Dia baru menerima laporan hasil tes kesehatan dari rumah sakit untuk salah satu Bapaslon Trenggalek yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Yang sudah ada laporan dari Trenggalek. Bahkan hasil pemeriksaan kesehatannya sudah keluar. Surabaya kabarnya juga diperiksa kesehatannya, tapi belum selesai kayaknya. Saya belum mendapatkan laporan resminya,” ujarnya.

Perlu diketahui, Alfan Rianto Bakal Calon Bupati Trenggalek yang berpasangan dengan Zaenal Fanani Bakal Calon Wakil Bupati yang diusung PKB dan PKS di Trenggalek dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Karena sudah ada hasil pemeriksaan kesehatan, ada kemungkinan KPU Kabupaten Trenggalek akan mengumumkan penetapan Bapaslon Alfan-Zaenal bersamaan dengan Bapaslon lainnya pada 23 September nanti.

Sementara di Kota Surabaya, Machfud Arifin Bakal Calon Wali Kota yang berpasangan dengan Mujiaman Bakal Calon Wakil Wali Kota yang diusung koalisi PKB dan tujuh partai lain sempat dinyatakan positif Covid-19.

Sampai saat ini, baik KPU Jatim maupun KPU Surabaya belum memastikan apakah hasil tes usap lanjutan pria yang akrab disapa MA itu sudah negatif atau belum? Namun, kabarnya, Bapaslon MA-Mujiaman sudah tes kesehatan.

Ada satu lagi daerah penyelenggara Pilkada Serentak 2020 di Jatim yang salah satu bakal calon dari tiga Bapaslon yang ada terkonfirmasi positif Covid-19. Bakal calon itu akan maju di Pilkada Sidoarjo 2020.

“Untuk Sidoarjo belum (masih positif Covid-19). Mungkin besok tanggal 20 atau tanggal 21 September (pemeriksaan kesehatan baru bisa dilaksanakan),” ujar Insan ketika dihubungi suarasurabaya.net, Sabtu (19/9/2020).

Perlu diketahui, salah satu Bapaslon yang salah satu bakal calonnya terkonfirmasi positif Covid-19 di Sidoarjo adalah Bapaslon Kelana Aprilianto-Dwi Astutik yang diusung PDIP dan koalisi partainya.

Dwi Astutik Bakal Calon Wakil Bupati pendamping Kelana yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 berdasarkan hasil tes usap yang diserahkan pada saat pendaftaran di KPU Kabupaten Sidoarjo.(den/bid)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pengunjukrasa Melintas di Diponegoro

Hujan di Bratang Surabaya

Kecelakaan Melibatkan Dua Truk di Pandaan

Kebakaran Gudang di Simorejo Sari

Surabaya
Jumat, 30 Oktober 2020
28o
Kurs