Senin, 4 Juli 2022

MA-Mujiaman Kritik Penanganan Lansia, Eri-Armudji Janji Layani Lansia Lebih Baik

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Debat Publik II Calon Walikota & Calon Wakil Walikota Kota Surabaya Tahun 2020, Rabu (18/11/2020). Foto: Istimewa

Machfud Arifin-Mujiaman Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 2 menyoroti masalah anak jalanan, gelandangan dan warga lansia masih kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Surabaya. Hal itu ia sampaikan dalam debat publik kedua di Dyandra Convention Center Jalan Basuki Rahmat, Rabu (18/11/2020) malam.

“Kami sering datang ke kampung-kampung, seperti kampung di Joyoboyo depan terminal, kami melihat anak jalanan, gelandangan dan orang tua masih tidur di luar. Tentunya itu tidak diperhatikan pemkot. Ini fakta di lapangan yang kami temukan,” kata Machfud.

Mujiaman Sukirno Calon Wakil Wali Kota juga bilang, kalau dia menemukan banyak fakta di lapangan masih banyak orang tua yang belum mendapat sentuhan pemkot.

“Data di pemkot perlu di-update. Data yang kita buat nantinya dimulai dari kampung-kampung. Ini yang harus dipastikan agar setiap orang tua bisa dilayani pemkot,” katanya.

Sementara itu, Armudji Calon Wakil Wali Kota Surabaya mengatakan pihaknya memiliki program dokter keliling yang akan memberikan konsultasi kesehatan kepada para lansia.

“Tidak hanya itu, kami juga punya program para lansia diberi gelang chip agar terdeteksi dan tidak hilang,” katanya.

Eri Cahyadi Calon Wali Kota Nomor Urut 1 pun menjanjikan akan lebih meningkatkan dan menambah pelayanan di posyandu lansia.

“Semakin lama lansia semakin bertambah, maka pemkot akan selalu hadir memberikan terbaik buat lansia,” katanya.

Menurut dia, Surabaya sudah punya Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) yang selama ini menampung gelandangan, lansia, anak jalanan yang kebanyakan adalah warga luar Kota Surabaya.

“Gelandangan bukan warga Surabaya di jalan-jalan saja diangkut dan dirawat. Kita pastikan semua terlayani di Surabaya,” katanya. (bid/dfn/lim)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 4 Juli 2022
28o
Kurs