Kamis, 28 Maret 2024

Eri-Armudji Komitmen Tuntaskan Problem Surat Ijo di Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Eri Cahyadi dan Armudji pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut 1 saat debat publik kedua di Dyandra Covrntion Center Jalan Basuki Rahmat Surabaya. Foto: Istimewa.

Pada penutupan debat kedua Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya 2020 digelar di Dyandra Convention Center, Surabaya pada Rabu (18/11/2020) malam, Eri Cahyadi-Armudji pasangan calon (paslon) nomor urut 1 menegaskan komitmen terkait masalah Izin Pemakaian Tanah (IPT) atau populer disebut Surat Ijo.

Eri Cahyadi menyebut bahwa persoalan Surat Ijo yang telah berlangsung bertahun-tahun itu memang rumit dan tidak bisa diselesaikan semudah membalik telapak tangan.

“Kami perlu tegaskan, siapapun walikotanya, di manapun, tidak bisa langsung melepaskan kepemilikan tanah surat ijo langsung dengan sertifikat hak milik. Setelah berkonsultasi dengan berbagai pihak dan melakukan kajian, kami berjanji akan melepaskan tanah surat ijo ke masyarakat melalui negara sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam PP No 27 tahun 2014,” kata Eri.

Tanah surat ijo, sambung Eri, akan dilepas ke masyarakat yang akan dimanfaatkan untuk Fasum, Fasos, dan hunian yang luasnya sampai dengan 250 meter persegi. Selain itu, Eri juga menjamin kepastian hukum terkait surat ijo itu.

“Sebagai langkah konkretnya, kami telah menandatangani kontrak politik untuk melepas surat ijo kepada masyarakat melalui negara. Kami menjamin masyarakat akan mendapatkan kepastian hukum soal kepemilikan tanahnya,” kata Eri.

Menanggapi janji Eri-Armudji tentang solusi masalah Surat Ijo, Josiah Michael anggota DPRD Kota Surabaya Fraksi PSI menyatakan sangat mengapresiasi dan mendukung segera diwujudkannya janji tersebut.

“Saya sangat salut pada komitmen paslon Eri-Armudji soal Surat Ijo. Apalagi juga terkait jaminan hukum bahwa langkah pelepasan hak milik tanah itu tidak melanggar aturan yang berlaku. Kami di parlemen berjanji akan mengawal realisasi program itu,” tegas Michael.(bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs