Jumat, 26 April 2024

Mujiaman Buka Memori Perjuangan Mengaliri PDAM Warga Perak Utara

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Mujiaman Sukirno Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya mengunjungi warga di Perak Utara, Rabu (17/9/2020). Foto: Istimewa

Mujiaman Sukirno Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya mengunjungi warga di Perak Utara, Rabu (17/9/2020) kemarin. Sosok Mujiaman cukup dikenal oleh warga setempat karena di zaman Mujiman pimpin PDAM Surya Sembada, warga di daerah itu baru bisa merasakan air PDAM.

Mujiaman menceritakan, pada April 2019 sebagai Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, seluruh warga di empat RT di Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantikan, akhirnya teraliri air bersih.

Menurut Mujiaman, setelah menganalisa persoalan yang dialami warga, yaitu bagaimana caranya ribuan warga mendapatkan air PDAM tanpa melanggar aturan. Sebab dalam peraturan daerah Kota Surabaya, melarang PDAM memasang pipa di area Perak Utara.

“Saya berfikir keras bagaimana masyarakat dapat menikmati air sebagai kebutuhan dasar, tapi tidak melanggar aturan. Akhirnya kita pasang master meter ini sebagai solusi bagi warga untuk mendapatkan air,” papar Mujiaman.

Mujiaman yang pernah bekerja puluhan tahun di perusahaan asing asal Jepang dan Amerika Serikat ini memasang master meter dengan cara swadaya masyarakat. PDAM juga memberikan fasilitas dengan mengumpulkan para pengusaha dan USAID untuk melakukan pembinaan.

“Warga khususnya kaum hawa KSM ini diberi pelatihan bagaimana caranya menghitung dan memberi harga. Mereka biasanya habis sampai ratusan ribu per bulan, sekarang per bulan hanya mengeluarkan biaya Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu,” terang Mujiaman.

Mujiaman ingin memajukan kota dan memakmurkan warganya ketika nanti bersama Machfud Arifin dipercaya masyarakat memimpin Kota Surabaya.

“Masyarakat itu butuh tidur nyenyak, makan dan minum tercukupi, bisa berekreasi. Machfud Arifin-Mujiaman terus mencari terobosan dan memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat, tapi tidak melanggar aturan yang ada. Semoga ke depan Surabaya maju kotane, makmur wargane,” harap Mujiaman.

Sementara, warga di daerah Perak Utara mengakui kalau peran Mujiaman begitu penting dalam merealisasikan kebutuhan air PDAM di daerah itu.

“Sudah puluhan tahun kami mengajukan sambungan air PDAM tapi tidak pernah terealisasi. Alhamdulillah saat Pak Mujiaman jadi Direktur Utama PDAM, beliau memberikan solusi dengan dipasang master meter. Sehingga warga sekarang sudah mendapatkan air bersih dari PDAM,” ujar Narwiyah Ketua Induk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Tirta Kalimas Baru.

Sementara Yuyun, perwakilan warga RT 12 RW 9 menambahkan, sekitar 40 tahun warga di kampungnya hanya mengandalkan air dari sumur. Dengan hadirnya master meter dari PDAM, warga sudah tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi untuk membeli air minum. (bid/tin)

Berita Terkait

MA-Mujiaman Lanjut Tes Kesehatan Setelah Swab Negatif

Rangkaian Dukungan Mengalir ke MA-Mujiaman


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs