Jumat, 29 Maret 2024

PDIP Komitmen Ajak Indonesia Serius Laksanakan Gerakan Menanam

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Tri Rismaharini Ketua DPP PDI Perjuangan dan Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDIP. Foto: Istimewa

DPP PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan komitmen keseriusan untuk mengajak Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia benar-benar serius dalam menggarap serta melaksanakan langkah memperkuat kedaulatan pangan.

Tri Rismaharini atau akrab disapa Risma Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kebudayaan mengatakan kalau Megawati Soekarnoputri Ketua Umum telah memerintahkan untuk menanam pohon dan tumbuhan. Dan satu di antara tujuannya adalah demi mewujudkan kedaulatan pangan.

“Bagaimana gerakan menanam ini merupakan budaya dari kita sebagai bagaian dari PDI Perjuangan untuk terus menerus menanam untuk kedaulatan pangan,” kata Risma, saat berbicara dalam pembukaan Rapat Koordinasi Bidang Nasional Kebudayaan dengan tema ‘Gerakan Menanam Pohon Kepala Daerah PDI Perjuangan se-Indonesia’, Sabtu (31/10/2020).

Wali Kota Surabaya ini menegaskan, kedaulatan pangan ini bisa dijadikan untuk menghadapi pandemi Covid-19 ini yang banyak disebut akan memicu krisis pangan. Karenanya gerakan menanam dari PDI Perjuangan ini diarahkan kepada pendamping beras.

“Gerakan menanam ini diarahkan untuk pendamping beras. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam. Saya sampaikan tadi di Surabaya kami sudah menanam pendamping beras, jadi bukan pengganti beras. Karena itu, digunakan untuk ketika kita kekurangan bahan makanan terutama beras. Pendamping ini bisa digunakan untuk kita bisa tetap tanpa ada kelaparan atau kekurangan bahan di daerah masing-masing,” ungkap Risma.

Dia pun mencontohkan apa yang dilakukan selama ini di Surabaya hingga memiliki cadangan pangan mencapai 103 ton per tahun. Dari lahan yang dimiliki, ditanami bibit tanaman yang bagus dan kemudian dirawat dengan benar. Pengalaman wilayahnya membuktikan bahwa demi cadangan pangan, lahan tidak perlu luas.

Sementara itu, Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDIP menuturkan, apa yang dilakukan partainya saat ini, untuk meneguhkan kembali watak partainya bagi masyarakat.

“Hari ini kita kembali meneguhkan watak kerakyatan, watak kemanusiaan, gotong royong dari seluruh kader-kader partai untuk menjalankan arahan Ibu Ketua Umum bagaimana berpolitik bagi PDI Perjuangan itu hadir dalam wajah kerakyatan, membantu rakyat dengan cara bergotong royong,” ungkap Hasto.

Dia mengapresiasi, banyak kepala daerah dari PDIP sudah menjalankan dengan baik arahan Megawati Soekarnoputri.

“Dan tadi sudah disampaikan berbagai laporan dari kepala daerah kita. Alhamdulillah, arahan dari Ibu Ketua Umum dijalankan dengan baik,” jelas Hasto.

Bahkan, masih kata dia, soal pangan ini sudah mengeluarkan dua buku mengenai kedaulatan pangan. Hal itu atas kerja sama dari Risma, kemudian Sadarestuwati Wasekjen PDIP serta Sri Rahayu dan Yanti Sukamdani Ketua DPP PDIP.

“Bahkan kita juga sudah mengeluarkan dua buah buku, yang pertama profil pangan di daerah di Indonesia dan kedua kedaulatan pangan daerah,” tutup Hasto. (faz/ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs