Senin, 28 September 2020

PDIP Tunjuk Djarot Saiful Hidayat sebagai Ketua DPD Sumut

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto (kiri) Sekretaris Jenderal PDIP bersama Djarot Saiful Hidayat (kanan) Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumatera Utara. Foto: Istimewa

PDI Perjuangan (PDIP) telah menunjuk Djarot Saiful Hidayat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) defenitif untuk provinsi Sumatera Utara. Hal ini disampaikan Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDIP usai menyerahkan dokumen struktur kepengurusan partai di daerah sebagai syarat mengikuti Pilkada Serentak 2020 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (4/8/2020).

“Di Sumatera Utara, kami telah menetapkan Bapak Djarot Syaiful Hidayat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan di Sumut,” kata Hasto.

Dengan begitu, Hasto menekankan Djarot diberikan wewenang penuh dalam merekrut calon-calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Sumatera Utara. Djarot saat ini merupakan perwakilan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di sana.

“Yang bersangkutan punya kewenangan di dalam melakukan pendaftaran nantinya terhadap calon-calon yang mengikuti Pilkada Serentak,” kata Hasto.

Di tempat terpisah, Djarot mengaku siap menerima amanah yang diberikan kepadanya. Djarot sendiri memiliki misi bersama jajarannya dalam membesarkan partai yang berhaluan pada Pancasila itu. Terutama agenda yang terdekat adalah memenangkan Pilkada Serentak 2020 di Sumatera Utara.

“Sumatera Utara termasuk daerah paling banyak menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020. Dari 33 daerah, ada 23 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada,” jelas Djarot.

Dengan kondisi sebagai daerah tersibuk itu, mantan gubernur DKI Jakarta ini mengaku harus mengonsolidasikan jajaran partai hingga akar rumput. Hal itu sekaligus menentukan calon kepala daerah dan wakilnya yang mumpuni untuk didukung.

“Ini tambahan tugas dan tanggung jawab buat saya. Apalagi Sumatera Utara memiliki wilayah yang cukup luas. Tetapi budaya gotong royong yang mengakar di PDIP membuat saya yakin partai bisa menang cukup signifikan dalam pilkada ini. Kekuatan PDIP memang tumbuh bersama rakyat,” tegas Djarot.

Sekadar diketahui, sebanyak 23 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Pilkada Serentak 2020 pada Desember mendatang. Jumlah di tingkat kabupaten/kota terbanyak dibanding Jawa Tengah yang hanya menggelar 21 pilkada dan Jawa Timur sebanyak 19 pilkada. Yang paling disoroti dan ditunggu banyak pihak di antaranya Pilkada Medan.(faz/bas/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

M. Aprileo Habie

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Senin, 28 September 2020
26o
Kurs