Selasa, 24 November 2020

PKB Masih Menguji Tiga Figur di Pilbub Sidoarjo

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Achmad Amir Aslichin (Mas Iin), Achmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor), dan Nur Ahmad Syaifuddin (Cak Nur). Foto: Istimewa

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belum menentukan kandidat pasangan bakal calon di Pilkada Kabupaten Sidoarjo 2020. PKB masih menguji loyalitas tiga figur andalannya yakni Achmad Amir Aslichin (Mas Iin), Achmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor), dan Nur Ahmad Syaifuddin (Cak Nur).

Fauzan Fuadi Wakil Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur mengatakan, partainya sudah melihat pergerakan tiga figur ini. Mereka bertiga disebut kader terbaik partai bumi dan bintang sembilan itu.

“Tidak dipungkiri beliau bertiga adalah kader terbaik PKB di Sidoarjo,” kata Fauzan kepada suarasurabaya.net, Sabtu (18/7/2020).

Fauzan mengatakan, tiga figur ini sama-sama punya pendukung dan popularitas yang setara. Dari survei internal PKB, baik Mas Iin, Gus Muhdlor, dan Cak Nur selalu masuk tiga besar top of mind.

“Semuanya berada di 3 besar top of mind. Bagus semua,” kata Fauzan.

Nilai popularitas dan elektabilitas yang setara tiga figur inilah yang bikin PKB menghadapi pilihan sulit menjatuhkan rekomendasi di Pilbub Sidoarjo. Fauzan bilang, PKB masih mencari jalan terbaik sambil menguji loyalitas tiga figur itu.

“Kita upayakan solusi terbaik agar PKB tetap solid dan kompak. Ini sekaligus ujian loyalitas masing-masing, seberapa besar karat kecintaan mereka terhadap PKB,” kata Fauzan.

Sekadar diketahui, PKB di Sidoarjo merupakan partai pemenang dengan suara terbanyak. PKB juga memuncaki kursi di DPRD Sidoarjo sebanyak 16 kursi. PKB sangat cukup untuk mengajukan calon sendiri tanpa koalisi, karena parpol bisa mengajukan calon minimal punya 10 kursi.

Fauzan mengatakan, tiga figur PKB yang mencuat saat ini juga memiliki modal sosial yang cukup besar. Mas Iin yang merupakan putra Saiful lillah Bupati Sidoarjo non aktif, juga legislator dari PKB di DPRD Jatim.

Sedangkan Gus Muhdlor merupakan putra kiyai karismatik KH Agoes Ali Masyhuri pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat.

Lalu, Cak Nur sendiri sekarang mendapat kesempatan menjadi nakhoda pemerintahan Sidoarjo sebagai Plt Bupati sejak Saiful lillah terbelit kasus korupsi. Cak Nur juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPC PKB Sidoarjo.

“Siapa kader yang akan kita berangkatkan, sebentar lagi kita akan tahu. Mohon sabar menunggu, dan doa restunya,” kata Ketua Fraksi PKB di DPRD Jatim ini.

Fauzan mengatakan, PKB masih mencarikan formulasi kemungkinan pasangan bakal calon tidak jauh-jauh dari tiga figur itu. Jalan tengah masih terus dikaji untuk mendapatkan keputusan terbaik menurut PKB.

“Memasangkan itu salah satu opsi yang sedang dijajaki,” katanya. (bid/tin/den)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pohon Tumbang Menutup Jalan Utama Bangkalan Kota

Truk Tabrak Tiang Listrik di Pandaan

Serikat Pekerja Blokir Basuki Rahmat Surabaya

Serikat Pekerja Demo di Surabaya

Surabaya
Selasa, 24 November 2020
29o
Kurs