Rabu, 24 April 2024

Ribuan Pengawas TPS di Surabaya Jalani Tes Swab yang Positif Langsung Diganti

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Salah seorang petugas pengawas TPS menjalani tes swab di Gelanggang Remaja. Foto: Istimewa.

Sebanyak 5.184 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kota Surabaya melakukan Tes Swab yang difasilitasi Satgas Covid-19 Pemkot Surabaya. Tes Swab PCR ini dilakukan bergelombang di Gelanggang Remaja selama lima hari mulai Selasa 1 Desember sampai Sabtu 5 Desember 2020.

Muhammad Agil Akbar Ketua Bawaslu Kota Surabaya mengatakan, apabila dari tes swab itu diketahui terdapat petugas pengawas TPS yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka petugas itu diganti orang lain dalam penggantian antar waktu (PAW).

“Kalau positif, akan dilakukan penggantian antar waktu terhadap pengawas yang positif Covid-19 itu,” ujar Agil dikonfirmasi suarasurabaya.net, Selasa (1/12/2020).

Agil menjelaskan, fasilitasi tes swab oleh Pemerintah Kota Surabaya ini setelah Bawaslu berkirim surat ke Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya meminta kepada Walikota agar difasilitasi pemeriksaan Covid-19 untuk petugas pengawas di Pilkada Serentak 2020.

“Satu minggu lalu surat kami dijawab oleh Wali Kota Surabaya. Sehingga sekarang dilakukan tes swab untuk jajaran pengawas TPS. Karena Panwas Kelurahan dan Kecamatan sudah lebih dulu tes swab, maka diberikan ke Pengawas TPS,” ujar Agil.

Sementara itu Febriadhitya Prajatara Kabag Humas Pemkot Surabaya memastikan, kalau ribuan pengawas TPS itu dilakukan tes swab polymerase chain reaction (PCR).

Adapun total jumlah pengawas TPS yang sudah menjalani tes swab di hari pertama ini berjumlah 788 orang. “Total keseluruhan sesi 1 dan 2 hari ini berjumlah 788 orang,” ujar Febri. (bid/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs