Rabu, 24 April 2024

Sekjen PDI Perjuangan: Pasangan Cakada di Lima Daerah Jatim Termasuk Surabaya Adalah Kader Terbaik

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekjen PDI Perjuangan saat membuka Rapat Konsolidasi Organisasi Internal Partai di Kantor PDIP Jatim, Surabaya, Minggu (30/8/2020). Foto: Denza suarasurabaya.net

Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan memang tidak mengumumkan hari ini, rekomendasi bakal calon kepala daerah (Cakada) di lima daerah di Jatim untuk siapa saja. Tapi dia sampaikan sedikit bocoran.

Kepada wartawan di Kantor DPD PDI Perjuangan Hasto tidak menyampaikan, kapan rekomendasi untuk lima bakal calon kepala daerah di Jatim akan diumumkan. Meskipun dia mengakui, keputusannya sudah ada.

“Kemarin Mbak Puan (Ketua DPP Bidang Politik PDI Perjuangan) sudah menunjukkan, keputusan sudah diambil untuk melakukan langkah-langkah konsolidasi di Jatim, setelah Mbak Puan menunjukkan amplop itu,” ujarnya.

Lantas kapan pengumuman rekomendasi bakal Cakada itu diumumkan, dia memastikan bukan hari ini. PDI Perjuangan perlu mencari momentum yang tepat. Tapi setidaknya rekomendasi itu akan diumumkan sebelum pendaftaran di KPU pada 4 September.

“Pengumuman rekom tidak sembarangan, itu butuh momentum yang tepat untuk melalui protokol kepartaian terbaik. Karena yang kami persiapkan adalah calon-calon pemimpin. Kita tunggu nanti, pendaftaran tanggal 4,” katanya.

Saat itu Hasto menyampaikan sedikit bocoran, siapa saja Cakada yang telah dipilih oleh Partai Banteng Moncong Putih di lima daerah yang belum mendapatkan rekomendasi di Jawa Timur? Dia memastikan, mereka kader terbaik.

“Kader terbaik. Ya. Kader terbaik,” ujarnya. Dia tidak menjawab ketika wartawan bertanya lebih lanjut, apakah ada kemungkinan bakal Cakada yang akan diusung oleh PDI Perjuangan di Jatim itu adalah tokoh dari eksternal partai?

Hasto Kristiyanto telah membuka konsolidasi internal partai PDI Perjuangan Jatim. Turut hadir dalam kegiatan ini sejumlah Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan yang mendampinginya.

Mereka antara lain Djarot Saiful Hidayat Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kaderisasi dan Ideologi, juga Tri Rismaharini Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kebudayaan yang juga Wali Kota Surabaya.

Sebagai tuan rumah, Kusnadi Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim juga hadir dan sudah menyampaikan laporannya kepada Sekjen PDI Perjuangan dan dua Ketua DPP yang duduk di samping Hasto.

Ya, Risma duduk bersebelahan dengan Hasto, sementara Djarot duduk di sebelah Risma. Mereka memimpin jalannya konsolidasi yang dihadiri perwakilan pengurus 19 DPC PDI Perjuangan di Jatim.

Perlu diketahui, sampai sekarang ada lima daerah di Jawa Timur yang sampai saat ini belum mendapatkan rekomendasi Bakal Cakada dari PDI Perjuangan. Antara lain Situbondo, Jember, Surabaya, Pacitan, dan Sidoarjo.

Hasto sebagai Sekjen PDI Perjuangan saat membuka rapat konsolidasi menyampaikan, DPP sebenarnya sudah memutuskan siapa saja Bakal Cakada yang akan diusung di lima daerah ini meskipun belum diumumkan.(den/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs