Jumat, 26 April 2024

Anggota DPR: Program Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Akan Buat Orang Tua Yakin Anaknya Ikut PTM

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Rahmad Handoyo anggota Komisi IX DPR RI. Foto Faiz suarasurabaya.net

Rahmad Handoyo anggota Komisi IX DPR RI menyambut gembira izin resmi yang diterbitkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tentang penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (UEA) vaksin Sinovac untuk anak usia 6-11 Tahun.

“Akhirnya anak-anak kita yang berusia 6-11 tahun bisa divaksin. Ini adalah kabar gembira yang melegakan hati, karena sesungguhnya vaksin untuk anak sudah lama ditunggu-tunggu,” ujar Rahmad dalam keterangannya, Selasa (2/11/2021).

Dia meyakini, program vaksinasi untuk anak ini akan menambah keyakinan orang tua saat melepaskan anak-anaknya mengikuti proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah.

“Program vaksinasi terhadap anak-anak ini menambah semangat kita. Ini kan juga berarti amunisi bertambah sehingga membuat kita semakin kuat dalam perang melawan Covid-19,” kata dia.

Rahmad menegaskan, Komisi IX DPR RI yang merupakan mitra kerja Kementerian Kesehatan, akan berupaya keras untuk menyukseskan program vaksinasi anak ini.

“Ini kan program yang baik. Karena itu kita akan mendorong semua pihak, terutama media untuk mensosialisasikan program ini agar menambah keyakinan orang tua bahwa anak-anaknya akan lebih aman terhadap Covid setelah mendapatkan vaksin,” tegas Rahmad.

Rahmad meyakini pelaksanaan program vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun ini aman, karena pemerintah bukan tanpa dasar memutuskan pemberlakuan izin darurat kepada anak-anak.

“Pemerintah telah memiliki data yang kuat terkait penggunaan vaksin terhadap anak-anak. Tentunya sudah dilakukan tahap uji klinis sehingga diyakini manfaatnya, dan selanjutnya baru dikeluarkan izin,” tegasnya..

Sekadar diketahui BPOM menyetujui penggunaan vaksin Sinovac, baik itu CoronaVac dan vaksin Covid-19 Bio Farma, untuk digunakan pada anak usia 6-11 tahun. Persetujuan ini diberikan atas pertimbangan hasil penilaian terhadap aspek efikasi dan keamanannya.

“Pada hari ini, kami menyampaikan pengumuman, telah diterbitkannya izin penggunaan vaksin Covid-19, dari vaksin Sinovac CoronaVac dan vaksin Covid-19 dari Bio Farma untuk anak usia 6-11 tahun,” kata Penny K. Lukito Kepala BPOM, Senin (1/11/2021).(faz/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs