Kamis, 22 April 2021

Gus Ipul Siap Menjadi Anak Buah Gubernur

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur melantik Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjadi Wali Kota Pasuruan masa bakti 2021-2024 di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Jumat (26/2/2021). Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyampaikan sesuatu soal Saifullah Yusuf Wali Kota Pasuruan dalam sambutan usai pelantikan kepala daerah sesi kedua di Grahadi, Jumat (26/2/2021).

Soal upaya menumbuhkan rasa bangga buatan Indonesia dan bangga wisata Indonesia, perlu diiringi maksimalisasi UMKM. “Nah, soal ini, sebetulnya Gus Ipul lebih detail,” ujar Khofifah.

Dengan nada bercanda Khofifah mengatakan, perjuangan Gus Ipul sudah sangat panjang. Terbukti dengan lencana yang terpasang di bagian dada seragam Gus Ipul. “Buktinya ininya (lencana) lebih banyak dari saya,” ujarnya.

“Artinya perjuangan beliau ini sudah sangat panjang. Jadi sebetulnya kalau bupati/wali kota lain perlu mentor soal itu. Di tengah kita ada Top Mentor untuk bupati/wali kota lainnya,” kata Khofifah.

Seperti diketahui Gus Ipul (panggilan akrab Saifullah Yusuf) adalah mantan Wakil Gubernur Jawa Timur yang sempat maju kembali jadi calon gubernur pesaing Khofifah di Pilkada 2018.

Menanggapi pernyataan Khofifah itu, Gus Ipul mengatakan bahwa Khofifah sedang memberinya semangat.

“Itu kan Bu Gubernur memberikan semangat kepada kita aja. Mendorong UMKM itu sangat penting di era sekarang ini. Sejak dulu penting tapi sekarang lebih penting,” ujarnya.

Dia pun mengaku siap bila Khofifah menunjuknya sebagai mentor bagi bupati atau wali kota lainnya.

“Saya siap menjadi anak buah Ibu Gubernur,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul menambahkan, dia akan fokus menangani Covid-19 secara khusus, umumnya bidang kesehatan. Yang kedua bagaimana supaya ekonomi di Kota Pasuruan bisa bergerak.

“Itu dua tema besarnya. Tetapi kita tahu ada arahan khusus yang menarik diterapkan di daerah yang disampaikan oleh Bu Gubernur. Bagaimana menumbuhkan cinta produk Indonesia dan wisata Indonesia,” ujarnya.

Apa yang disampaikan Khofifah itu sebenarnya bagian dari program Jatim Bangkit, satu dari sembilan program Nawa Bakti Satya.

Khofifah berharap, setelah pelantikan bupati dan wali kota hari ini akan ada percepatan banyak hal. Percepatan perwujudan bangga buatan Indonesia dan bangga wisata Indonesia salah satunya.

Dia berharap kepala yang baru dilantik bisa menyiapkan paket-paket wisata yang mampu meningkatkan daya tarik semua potensi wisata yang ada.

Juga bagaimana kepala daerah bisa merumuskan dua hal itu dikaitkan dengan maksimalisasi seluruh energi pelaku UMKM di Jawa Timur.(den/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Kamis, 22 April 2021
27o
Kurs