Kamis, 2 Februari 2023

Muhyiddin Yassin Perdana Menteri Malaysia Akan Mundur

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Muhyiddin Yassin Perdana Menteri Malaysia. Foto: Reuters

Muhyiddin Yassin Perdana Menteri Malaysia akan menghadap Raja Malaysia di Istana Negara, Senin (16/8/2021), untuk mengajukan surat pengunduran diri sebagai perdana menteri.

“Ya dapat dikonfirmasi. Besok setelah rapat kabinet di pagi hari perdana menteri akan menghadap Raja Malaysia untuk mengundurkan diri dari posisinya,” ujar Aneita Abdullah Staf Ahli Bidang Media Menteri Tugas-Tugas Khusus Malaysia, Minggu (15/8/2021).

Dia mengatakan pengunduran diri tersebut sesuai aturan undang-undang ketika perdana menteri tidak mempunyai dukungan mayoritas di parlemen.

“Setelah itu menunggu Raja Malaysia atau Yang di-Pertuan Agong untuk membuat keputusan,” ujar Aneita saat dikonfirmasi sejumlah media terkait pernyataan Moh Redzuan Menteri Tugas-Tugas Khusus seperti yang dilansir Antara.

Salah satu media mengutip seorang pemimpin Partai Pribumi Bersatu yang membenarkan Muhyiddin Yassin akan menyerahkan surat peletakan jabatannya kepada Yang di-Pertuan Agong di Istana Negara besok.

Mohd Redzuan Md Yusof Anggota Majelis Pimpinan Tertinggi Bersatu mengatakan, persoalan itu disampaikan Muhyiddin Yassin dalam pertemuan dengan anggota parlemen Bersatu selama kira-kira dua jam pada Minggu (15/8/2021) waktu setempat.

“Besok akan ada musyawarah khusus kabinet sebelum Muhyiddin menghadap Raja Malaysia untuk mempersembahkan surat peletakan jabatan,” katanya.

Mohd Redzuan mengatakan Muhyiddin sudah mencoba sebaik mungkin untuk mempertahankan keadaan dan kedudukan pemerintahan namun ikhtiarnya tersebut tidak membuahkan hasil.(ant/tin/den)

Berita Terkait