Sabtu, 15 Mei 2021

Tiga Anak Amien Rais Masih di PAN, Waketum PAN: Mumtaz yang 100 Persen

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Viva Yoga Mauladi Wakil Ketua UMUM DPP PAN. Foto: Istimewa

Tiga anak Amien Rais, salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendeklarasikan Partai Ummat, partai barunya, Kamis (29/4/2021) kemarin, masih ada di tubuh PAN.

Viva Yoga Mauladi Wakil Ketua Umum DPP PAN mengucapkan selamat datang kepada Partai Ummat. Dia menegaskan PAN tidak gentar dengan kehadiran partai baru yang didirikan Amien Rais.

“PAN tidak merasa gegana: gelisah, galau, merana. Tidak. Jadi kalau ada mantan anggota dan pengurus PAN yang masuk ke Partai Ummat, itu tidak bedol desa. Hanya bagian kecil dan tidak signifikan,” katanya.

Soal masih adanya tiga anak Amien Rais di tubuh PAN. Yoga memastikan, salah satu dari mereka hatinya akan tetap berada di PAN karena saat ini menjabat sebagai ketua di bidang yang strategis.

Perlu diketahui, tiga anak Amien Rais itu antara lain Mumtaz Rais, Hanum Rais, dan Baihaqy Rais. Mumtaz kini menjabat sebagai Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPP PAN.

Sementara Hanum Rais dan Baihaqy Rais saat ini tercatat sebagai anggota DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta dari Fraksi PAN.

“Mumtaz Rais dijamin 100 persen karena dia Ketua Bidang POK, salah satu bidang strategis. Itu yang pasti. Hatinya Mumtaz itu adalah PAN. Untuk yang lain saya tidak tahu, karena tidak pernah berkomunikasi,” katanya.

Tidak hanya kepada Hanum Rais dan Baihaqy Rais, Viva Yoga mempersilahkan seluruh anggota DPRD kabupaten/kota maupun provinsi menentukan masing-masing pilihan politiknya.

Viva Yoga hanya mengingatkan bahwa Anggota DPRD PAN di tingkat manapun berakal sehat dan rasional. Dia tegaskan, mendirikan partai politik itu tidak semudah yang dibayangkan.

“Menurut Undang-Undang 7/2017 tentang Pemilu, parliamentary tresshold yang lolos di Senayan itu empat persen. Untuk mendapatkan suara sah nasional empat persen itu tidak mudah. Apalagi partai baru,” katanya.

Dia kembali mengatakan keyakinannya bahwa Anggota DPRD PAN itu rasional dan berakal sehat. Dengan demikian tentu mempertimbangkan dengan hati-hati masa depan dan karir politiknya.

Menghadapi kemungkinan kader yang menyeberang ke Partai Ummat, Viva Yoga memastikan bahwa PAN tidak melakukan strategi khusus untuk itu. Hanya melaksanakan program tahunan.

“Tidak ada strategi khusus. PAN tetap melaksanakan konsolidasi organisasi dari Muswil tingkat provinsi, Musda kab/kota, dan Muscab tingkat kecamatan. Itu, di Jatim sudah selesai semua. Setelah lebaran nanti musyawarah ranting tingkat desa,” ujarnya.

Selain itu, PAN tetap menjalankan program pemenangan Pemilu 2024 mendatang. Berdasarkan musyawarah di setiap tingkat itu PAN akan mengatur hal-hal sesuai spesifikasi setiap daerah pemilihan.

“Juga untuk menentukan, kira-kira strategi apa yang perlu diterapkan agar PAN di dapil itu tambah suara dan tambah kursi,” ujarnya.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Sabtu, 15 Mei 2021
33o
Kurs