Jumat, 19 April 2024

BRIN: Target Golkar Meraih 20 Persen Suara Pemilu 2024 Cukup Realistis

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi Pemilu 2024. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Siti Zuhro Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menilai target 20 persen perolehan suara Partai Golkar pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2024 masih cukup realistis.

Menurut peneliti senior yang akrab disapa Wiwiek, berbekal pengalaman dan soliditas kadernya, Golkar bisa mencapai target walau jalannya tidak akan mudah.

“Yang jelas dalam politik tidak ada yang tidak mungkin. Golkar perlu melakukan evaluasi secara utuh untuk menentukan bisa tidaknya mencapai target 20 persen di Pileg 2024,” ujarnya di Jakarta, Senin (26/12/2022).

Evaluasi diawali dengan memetakan pos-pos pendulang perolehan suara Golkar pada Pileg 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) menetapkan Golkar memperoleh 12,31 persen suara nasional.

“Kedua, kualitas caleg yang ditawarkan. Ketiga, program-program yang menarik yang ditawarkan Golkar. Keempat, partai dalam keadaan solid dan promising (menjanjikan) bagi masyarakat, dan yang kelima caleg harus disenangi pemilih,” paparnya.

Sesudah itu, Profesor Siti Zuhro menilai partai berlambang beringin baru bisa memproyeksikan perolehan suara Pileg 2024 dibandingkan Pileg 2019.

“Pertanyaannya, apakah setelah 5 tahun suara Golkar mampu melompat mencapai 20 persen?” ucapnya.

Selama soliditas internal partai terjaga, Wiwiek bilang partai yang dipimpin Airlangga Hartarto berpeluang besar melewati hambatan besar yang bisa menganggu kerja-kerja politik untuk mencapai target.

“Prinsipnya, selama partai tak mengalami konflik atau perpecahan dan tindakan melanggar hukum seperti kasus korupsi, maka bisa diprediksi ke depan tidak mengundang masalah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Zuhro menyebut pentingnya keabsahan partai politik dalam menentukan target. Hal itu berguna untuk memompa semangat dan kinerja mesin politik partai.

“Partai sah-sah saja mematok angka capaian yang tinggi dalam pemilu 2024. Hal itu diperlukan untuk menyemangati dan memotivasi atau mendorong pengurus dan kader partai agar bekerja lebih keras mencapai 20 persen suara,” pungkasnya.

Sementara itu, Dave Akbarshah Fikarno Poliikus Partai Golkar optimistis partainya bisa mencapai target perolehan suara 20 persen pada Pileg 2024.

“Itu adalah target bagi seluruh Kader Partai Golkar yang akan bertarung pada pemilu yang akan datang,” ungkapnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/12/2022).

Dia menjelaskan, target itu bukan hal yang mustahil. Bahkan, Dave yakin partainya berpeluang besar berhasil dengan peran aktif dan solid mesin politik Golkar.

“Sangat mungkin tercapai bila seluruh elemen partai solid dan fokus bekerja,” tambah Anggota Komisi I DPR RI itu.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar menetapkan target meraih kemenangan di Pemilu, baik Pileg, Pilpres, dan Pilkada Serentak tahun 2024.

“Yang paling penting untuk menenangkan Golkar di Pileg, Pilkada ke depannya. Targetnya, jelas 20 persen suara atau 115 kursi di DPR RI,” tegasnya di Jakarta, Sabtu (24/12/2022).

Airlangga menambahkan, kalau ada anggota DPR yang memperoleh 100 ribu suara, maka urusan menetapkan calon presiden bakal lebih mudah.

“Kalau anggota DPR ada yang dapat 100 ribu, kalau semua bisa 100 ribu, maka Presiden urusan gampang,” katanya.

Untuk mewujudkan target itu, Airlangga memerintahkan para kader di berbagai tingkatan untuk mulai menggelar kegiatan sebanyak-banyaknya.

Selain itu, politikus yang sekarang menjabat Menteri Koordinator bidang Perekonomian berharap para kader mulai merangkul masyarakat dan tokoh agama setempat.

Dia mengingatkankemenangan pada Pemilu 2024 bakal menjadi kado indah ulang tahun Golkar ke-60 tahun.

“Saya minta untuk konsolidasi di berbagai tingkatan dan membentuk jaringan melalui TPS. Yang kedua, tokoh-tokoh agama, adat, masyarakat, untuk dipetakan siapa yang dekat dengan kita dan siapa yang belum,” jelasnya.

Kenaikan target perolehan kursi tersebut juga mengikuti target yang ingin dicapai partai berlambang pohon beringin itu secara nasional.

“Saya yakin Partai Golkar akan menjadi pemenang Pemilu 2024,” tandasnya.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs