Sabtu, 20 April 2024

Demi Kesan Baik, DPR Anggarkan Rp59 Miliar untuk Ganti Gorden dan Aspal

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Ilustrasi, Gedung DPR RI. Foto: Wikipedia

Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR menetapkan alokasi anggaran lebih dari Rp50 miliar untuk mengganti gorden rumah dinas anggota dewan dan pengaspalan baru di kompleks parlemen Senayan, Jakarta.

Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI mengatakan pelapisan aspal di Kompleks Parlemen perlu dilakukan karena akan ada sebanyak 38-40 delegasi negara asing yang  datang ke DPR pada Juli 2022.

“Jalan di DPR ini sudah berkali-kali dilapisi ulang namun diputuskan harus diaspal secara keseluruhan karena pada Juli 2022 ada delegasi dari 38-40 negara yang akan datang ke DPR,” kata Dasco seperti dilansir Antara, Senin (28/3/2022)

Dia menjelaskan anggaran pelapisan aspal senilai Rp11 miliar yang saat ini menjadi polemik di publik sebenarnya sudah lama diusulkan Setjen DPR RI.

“Tentu kita tidak ingin kesan terhadap parlemen kita kurang baik. Teman-teman jurnalis nanti bisa melihat sendiri kondisi aspal di Kompleks Parlemen,” ujarnya.

Sedangkan untuk Gorden, Dasco menjelaskan, DPR menyiapkan anggaran gorden sebesar Rp48,7 miliar karena gorden di rumah jabatan DPR sudah lama tidak diganti.

“Gorden itu dari 2015 sampai dengan sekarang, belum pernah diganti. Jadi gorden itu ada yang sudah tidak ada juga,” ungkap Dasco.

Dilihat dari situs Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan LKPP, Senin (28/3/2022), paket tersebut diberi nama Pelapisan Aspal Hotmix Area Komplek DPR RI dengan kode RUP 35120066 yang bersumber dari APBN 2022.

Sempat diperbarui pada 25 Maret lalu, kini prosesnya di tahap pemilihan penyedia dan pelaksanaan kontrak pada April 2022. Pemanfaatan barang/jasa dimulai April dan berakhir Desember 2022.

Hingga kini, proyek yang bersumber dari APBN itu dalam proses evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis, dan harga. Diikuti, 49 peserta tender proyek pengadaan gorden baru memiliki waktu hingga 11 April mendatang sampai tahap penandatanganan. (ant/tha/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs