“Saya menyerahkan berkas yang kemarin sudah saya bahas tiga nama itu, hari ini sudah diterima,” kata Prasetio Edi Marsudi Ketua DPRD DKI di gedung Kemendagri Jakarta, seperti dikutip Antara, Rabu (14/9/2022).

Tiga nama usulan calon penjabat gubernur DKI itu dibawa langsung Prasetio dan diterima Suhajar Diantoro Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri.

Adapun tiga nama usulan calon penjabat gubernur DKI dari DPRD DKI itu yakni Heru Budi Hartono Presiden Kepala Sekretariat, Marullah Matali Sekretaris Daerah DKI Jakarta, dan Bahtiar Baharuddin, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri.

Mereka terpilih melalui Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) sembilan fraksi DPRD DKI.

Prasetio menjelaskan, bahwa nantinya nama-nama usulan tersebut akan dirapatkan oleh sembilan instansi terkait untuk membahas rekam jejak nama usulan tersebut.

“Harus dicek betul, calon penjabat ini apakah ada masalah, baru diserahkan pada Presiden,” ucapnya.

Sementara itu, Kastorius Sinaga Staf Khusus Menteri Dalam Negeri menambahkan bahwa nama tersebut nantinya akan diverifikasi persyaratan formal bersama dengan tiga nama lain yang juga diusulkan Kementerian Dalam Negeri.

Setelah itu, Menteri Dalam Negeri akan mengajukan kepada Joko Widodo Presiden selaku Ketua Tim Penilai Akhir (TPA).

“Nanti Presiden memimpin langsung pembahasan bersama lembaga atau kementerian terkait untuk diputuskan karena kewenangannya ada di Presiden,” ucapnya.

Untuk informasi, Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta dan Ahmad Riza Patria Wakil Gubernur DKI akan mengakhiri masa jabatan pada 16 Oktober 2022.

Sebelum itu, DPRD DKI sudah mengadakan rapat paripurna untuk mengumumkan akhir masa jabatan Anies dan Riza pada Selasa (13/9/2022). (ant/des/ipg)