Kamis, 28 Maret 2024

FPDIP Minta Insiden Kanjuruhan Tidak Hanya Dievaluasi Tapi Juga Diusut Pidananya

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Johan Budi Sapto Pribowo (dua dari kanan) anggota Komisi III Fraksi PDIP saat konpers soal tragedi di stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Senin (3/10/2022). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Johan Budi Sapto Pribowo anggota Komisi III DPR RI menyampaikan duka cita mendalam atas insiden tewasnya ratusan orang suporter usai laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

Terlepas dari gerak cepat pemerintah dalam menangani korban, Dia menegaskan, kericuhan di dalam stadion Kanjuruhan itu merupakan lembaran hitam dalam olah raga sepak bola Indonesia.

“Pertama tentu kota apresiasi pemerintah, bahkan Jokowi Presiden juga sudah menyampaikan beberapa hal yang harus dilakukan baik oleh Kapolri maupun oleh PSSI dalam kaitan dengan menangani korban, maupun melakukan evaluasi secara mendalam,” kata dia dalam konferensi pers di ruang rapat Fraksi PDIP di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Johan Budi juga mengapresiasi langkah pemerintah membentuk tim khusus untuk mengusut tuntas insiden Stadion Kanjuruhan ini. Namun, Johan meminta agar hasil penyelidikan tidak hanya sebatas evaluasi melainkan tindak lanjut yang nyata terhadap pihak-pihak yang terbukti bertanggung jawab dalam insiden tersebut.

“Siapa yang perlu dievaluasi? Pertama adalah proses penyelenggaraan itu, jadi proses penyelenggaraan yang terjadi kemarin, itu perlu dilakukan evaluasi secara mendalam, mana yang perlu diluruskan mana yang perlu diperbaiki. Kedua adalah proses pengamanan terhadap kericuhan yang terjadi di stadion kanjuruhan Malang, ini juga perlu dievaluasi secara mendalam,” tegasnya.

Ketiga, lanjut Politikus PDIP ini, kepada semua pihak, termasuk PSSI untuk terus – menerus memberikan edukasi kepada para suporter dari masing – masing klub untuk disadarkan bahwa olahraga merupakan bentuk sportivitas dan tidak boleh ada lagi kebencian yang ditanamkan.

“Dari tiga point tadi, menurut saya harus menghasilkan, sekali lagi jangan hanya evaluasi-evaluasi saja, tetapi dari 3 tadi yang saya sampaikan perlu ada hasil yang pertama, mana yang salah, dalam konteks kemarin, kalau perlu ada kesalahan itu bisa dipidanakan maka dipidanakan,” pungkas Johan Budi.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs