Minggu, 28 April 2024

Ganjar Kena Sanksi Teguran Lisan Soal Pernyataan Pencapresan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ganjar Pranowo saat klarifikasi soal pencapresan di hadapan Hasto Kristiyanto Sekjen PDIP dan Komarudin Watubun Ketua Bidang Kehormatan, Senin (24/10/2022). Foto: istimewa

PDI Perjuangan menjatuhkan sanksi teguran lisan pada Ganjar Pranowo soal pernyataannya siap menjadi calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

“Supaya keadilan di partai itu ditegakkan pada seluruh anggota partai dari Sabang sampai Merauke, tadi kami sampaikan jatuhkan sanksi teguran lisan kepada Pak Ganjar Pranowo sebagai kader,” kata Komarudin Watubun Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan dalam konferensi pers di kantor DPP usai klarifikasi terhadap Ganjar Pranowo, Senin (24/10/2022).

Kata Komaridin, meskipun tindakan Ganjar itu tidak melanggar aturan dasar dan aturan rumah tangga (AD/ART) partai, tapi pernyataan mengenai siap menjadi capres tersebut menimbulkan multitafsir di tengah masyarakat.

Di samping itu, kata dia, sanksi teguran lisan juga diberikan kepada Ganjar karena yang bersangkutan adalah kader senior yang sudah sepatutnya lebih menegakkan disiplin.

“Pak Ganjar ini bukan kader baru masuk, beliau ini senior, termasuk senior dalam partai. Beliau ini pertama masuk, di Papua, melakukan kaderisasi di sana. Oleh karena itu, beliau harus lebih berdisiplin,” tegas Komarudin.

Sementara, Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan mengatakan bahwa penegakan disiplin berlaku sama atau adil untuk semua pihak yang ada di PDIP.

“Kongres Kelima PDI Perjuangan telah menetapkan partai ini sebagai partai pelopor. Partai pelopor itu partai yang berdisiplin dalam teori, ideologi sebagai hal paling penting dan mutlak, disiplin dalam organisasi, menjalankan platform partai, dan gerakan ke bawah,” kata dia.

Hasto juga menyampaikan, sebagaimana pesan Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan bahwa seluruh anggota dan kader partai untuk membangun kesabaran revolusioner terkait dengan capres dan cawapres.

Pada momentum yang tepat, lanjut Hasto, capres/cawapres itu pasti akan diumumkan setelah melalui pertimbangan dan pendalaman. Saat ini skala prioritas bagi seluruh kader partai adalah turun ke bawah membantu bangsa Indonesia menghadapi berbagai persoalan yang ada.

Ganjar Pranowo mengucapkan terima kasih pada Dewan Kehormatan dan Sekjen PDIP yang telah memberikan banyak penjelasan yang terang terhadap dirinya.

Ganjar akan taat pada sanksi lisan yang telah dijatuhkan kepada dirinya.

“Sebagai kader saya taat dan tadi diberikan sanksi lisan tentu ini bagian dari komunikasi publik yang rasanya harus memperbaiki. Dan Pak Sekjen juga bicara PDIP Perjuangan, juga baju saya, semua keputusan terkait dengan Pilpres keputusan Ketua Umum, jadi semua pasti akan mengikuti,” kata Ganjar.

Sekadar diketahui, pemanggilan Ganjar ke Kantor DPP PDI Perjuangan itu tertuang dalam surat bernomor 4545/IN/DPP/X/2022 tertanggal 21 Oktober 2022 perihal untuk klarifikasi. Klarifikasi itu dilakukan di hadapan Komarudin Watubun dan Hasto Kristiyanto.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs