Selasa, 16 April 2024

Hasto: Ide dan Gagasan Bung Karno Masih Valid dan Relevan Sampai Sekarang

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Prof. Purnomo Yusgiantoro Mantan Menteri Pertahanan yang juga Guru Besar Universitas Pertahanan (Unhan) RI (dua dari kiri) saat jadi pembicara dalam peluncuran buku Suara Kebangsaan karya Hasto Kristiyanto, di Bentara Budaya, Jakarta, Minggu (7/8/2022). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Indonesia beruntung memiliki pemimpin bangsa seperti Ir. Soekarno, yang ajaran dan pemikirannya masih relevan dengan kondisi dunia kini dan masa mendatang, serta seharusnya diajarkan ke seluruh generasi anak bangsa.

Hal itu terungkap dalam peluncuran buku karya Hasto Kristiyanto Doktor Ilmu Pertahanan yang juga Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) berjudul “Suara Kebangsaan”, yang dilakukan di Bentara Budaya, Jakarta, Minggu (7/8/2022).

Prof. Purnomo Yusgiantoro Mantan Menteri Pertahanan yang juga Guru Besar Universitas Pertahanan (Unhan) RI mengatakan bahwa buku Hasto itu sangat baik sebagai referensi bagi anak-anak muda Indonesia untuk makin mengenal serta mencintai bangsanya.

“Saya dorong ini dibaca anak muda untuk menunjukkan identitas bangsa dan dapat lebih mencintai Indonesia,” kata Purnomo.

Di dalam tulisannya di buku itu, kata Purnomo, Hasto banyak menulis tentang Soekarno. Dia mencatat setidaknya ada 5 hal penting tentang Soekarno.

Di antaranya adalah ketika Soekarno berbicara di sidang BPUPKI dan menyampaikan pidato lahirnya Pancasila pada 1 Juni 1945. Lalu soal geopolitik dan geostrategi Indonesia yang disampaikan oleh Soekarno saat berpidato di Lemhannas di Mei 1965.

“Yang disampaikan Bung Karno itu sampai sekarang diajarkan di Lemhannas. Soekarno memberi landasan nation and character building,” kata Purnomo.

Hasto juga mengupas ajaran Soekarno soal Trisakti yang sempat hilang dan harus dimunculkan lagi. Baginya, Hasto luar biasa bisa mengungkap tentang ide dan gagasan Soekarno lewat tulisannya.

Hasto juga menulis tentang Soekarno yang menyampaikan pidato To Build The World a New di sidang PBB, dan disambut luar biasa oleh dunia karena menyuarakan kesetaraan hak semua negara di dunia.

“Jadi apa yang diajarkan Bung Karno dari dulu masih valid dan relevan sampai sekarang,” imbuhnya.

Hasto juga mengangkat isu kepemimpinan, lewat penjelasan mendalam mengenai kepemimpin visioner seorang Soekarno.

“Pak Hasto menulis, bahwa apa yang pernah saya sampaikan ‘seorang leader yang pemberani adalah yg bisa mengambil keputusan, tentu keputusannya ini harus terukur dan melihat resikonya’,” kata Purnomo.

Pembicara lainnya, Laksamana Madya (TNI) Amarulla Octavian Rektor Unhan menyatakan Indonesia beruntung memiliki Soekarno sebagai founding father, yang kalibernya sekelas tokoh dunia dari Amerika Serikat dan Tiongkok.

Di buku Hasto, banyak dibahas pemikiran geopolitik Soekarno. Baginya, Soekarno adalah bapak bangsa yang punya pemikiran geopolitik dan kebangsaan yang bisa berlanjut sampai sekarang.

“Pemikiran Mao Tse Tung sampai sekarang diajarkan di sekolah di sana. Pemikiran George Washington dan John Adams masih diajarkan kepada anak-anak sekolah di Amerika Serikat. Di sini, harusnya pemikiran dan geopolitik Bung Karno itu diajarkan,” kata Amarulla.

“Jadi ini penting sekali. Tak banyak negara di dunia ini seperti Indonesia dan Bung Karno-nya,” tandas Amarulla.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
33o
Kurs