Kamis, 25 April 2024

Jokowi Perintahkan Kepala Daerah Membantu Persiapan Pemilu 2024

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden saat konferensi pers, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (22/4/2022). Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

Joko Widodo Presiden memerintahkan jajarannya membantu menyiapkan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024, yang tahapannya akan dimulai bulan Juni 2022.

Presiden mengatakan, kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota harus mendukung pelaksanaan tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Bantuan itu termasuk dukungan anggaran dari APBN dan APBD, supaya Pemilu terselenggara dengan baik, sukses, dan lancar.

“Saya minta seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota mendukung pelaksanaan tugas KPU dan Bawaslu. Termasuk tentu saja dukungan anggaran baik dari APBN dan APBD,” ujarnya, Kamis (28/4/2022), di acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2022, secara daring dari Istana Negara, Jakarta.

Sebelumnya, Jokowi Presiden meminta Komisioner KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 segera menjalankan tugas dan kewenangannya menyiapkan pemilu serta pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2024.

Persiapan matang sangat penting karena Indonesia belum punya pengalaman menyelenggarakan pemilihan anggota legislatif, pemilihan presiden, dan pilkada dalam satu tahun.

Kemudian, Kepala Negara juga mendorong KPU memberikan pendidikan politik secara masif kepada masyarakat, supaya ke depan tidak ada lagi isu politik identitas yang memicu pengelompokan di masyarakat.

Seperti diketahui, pemilihan anggota legislatif dan presiden-wakil presiden sudah dijadwalkan tanggal 14 Februari 2024. Sedangkan pemilihan kepala daerah tanggal 27 November 2024.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs