Jumat, 29 Maret 2024

Megawati Akan Membuka Rakernas PDIP, Jokowi Presiden Memberi Sambutan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDI Perjuangan. Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) dijadwalkan membuka rapat kerja nasional (Rakernas) II pada tanggal 21 Juni 2022 pagi hari, dan Joko Widodo (Jokowi) Presiden akan hadir dan memberi kata sambutan.

Menurut Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal DPP PDIP, pelaksanaan Rakernas ini sebenarnya mundur dari jadwal sebelumnya, yang seharusnya dilaksanakan pada tahun lalu. Pelaksanaan Rakernas ditunda dikarenakan pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan dunia, serta menunggu pengesahan tahapan Pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Acara Rakernas PDIP ini diselenggarakan dengan sederhana di fasilitas milik partai. Yakni di Gedung Sekolah Partai di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Rakernas ll mengusung tema “Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat”. Dengan sub tema “Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara”

“Pelaksanaannya masih menggunakan metode hybrid. Jadi perwakilan pengurus utama yang hadir di Jakarta, hanya ketua, sekretaris dan bendahara DPD Partai, sementara pengurus daerah lainnya di setiap tingkatan, dapat mengikuti secara daring pada saat pembukaan dan penutupan Rakernas,” ujar Hasto dalam keterangannya, Senin (20/6/2022).

Sebelum Rakernas berlangsung, lanjut Hasto, telah dilakukan secara berjenjang dari bawah Rakercab dan Rakerda Partai sehingga program pemenangan Pemilu yang dibahas benar-benar mengakar dan sebagai jawaban atas berbagai persoalan rakyat di akar rumput.

“Sebagian besar acara bersifat tertutup, mengingat yang dibahas adalah hal-hal strategis terkait masa depan bangsa. Dengan demikian diperlukan suasana hening dan kontemplatif. Tempat sengaja dipilih di Sekolah Partai karena hanya melalui kaderisasi Partailah calon pemimpin itu digembleng sebelum mendapat penugasan di lapangan,” jelas Hasto.

Para peserta yang hadir secara fisik akan tiba di lokasi mulai hari ini 20 Juni 2022 untuk proses registrasi.

“Malam hari nanti akan digelar Tahlil dan Gema Sholawat Cinta Tanah Air, Haul Bung Karno 2022 di Masjid At-Taufiq. Mesjid ini baru diresmikan Jokowi Presiden, terletak di seberang Kompleks Sekolah Partai PDIP. Selain itu juga diadakan doa dari umat beragama Kristen-Katolik, Hindu, Budha, Konghucu, dan doa dari Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan YME. Doa dalam rangka peringatan wafatnya Bung Karno dan dengan doa tersebut, PDI Perjuangan benar-benar hadir sebagai Rumah Kebangsaan Indonesia Raya,” urai Hasto.

Saat Rakernas ini diselenggarakan, DPP DPIP membagi undangan dan peserta yang hadir menjadi tiga kelompok.

Aula Utama lantai dua Sekolah Partai akan diisi Presiden Jokowi, Fungsionaris DPP, ketua dan sekretaris DPD se-Indonesia, serta gubernur serta menteri kader partai. Total akan ada 98 orang di ruangan tersebut.

Kelompok kedua di ruang kelas II lantai satu diisi Bendahara DPD Partai se-Indonesia dengan jumlah 34 peserta.

Kelompok ketiga ruang kelas I lantai satu yang diisi Pimpinan Fraksi, Komisi, dan Ketua Poksi I-XI Fraksi, Kepala-kepala Badan, dan Ketua Komunitas Juang Pusat Partai.

“Pembukaan Rakernas secara hybrid diikuti oleh seluruh DPC, PAC, Ranting, Anak Ranting seluruh Indonesia,” kata Hasto.

Saat pembukaan Rakernas besok, rencananya Hasto akan bertindak memimpin pengheningan cipta. Muslahuddin Daud Ketua DPD PDIP Aceh akan membacakan Teks Pancasila.

Selanjutnya, John Wempi Wetipo Ketua DPD PDIP Papua akan membacakan Dedication of Life Bung Karno.(faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs