Jumat, 19 April 2024

Pawai Budaya Warnai Pendaftaran PDIP Sebagai Calon Peserta Pemilu 2024

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Pawai Budaya warnai pendaftaran PDIP ke KPU sebagai calon peserta Pemilu 2024, Senin (1/8/2022). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Memasuki pendaftaran Partai Politik calon peserta Pemilu 2024 tanggal 1-14 Agustus 2022, PDI Perjuangan melakukan pendaftaran di hari pertama dan jadi Parpol yang mendaftar paling pertama.

Berangkat dari kantor DPP PDI Perjuangan jalan Diponegoro menuju ke kantor KPU jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat yang berjarak sekitar 2 Km, long march atau jalan kaki pawai budaya diikuti ratusan peserta.

“Jadi, hari ini DPP PDI Perjuangan akan mendaftar yang pertama ya. Sebelumnya kami mohon maaf bahwa ini hari Senin dan situasi transportasi yang sangat padat mungkin mengganggu dan menciptakan kemacetan di jalan raya,” ujar Hasto Kristiyanto Sekjen PDI Perjuangan di kantor DPP, Senin (1/8/2022).

Tetapi, kata Hasto, apa yang dilakukan PDI perjuangan selain komitmen terhadap seluruh tahapan pemilu, juga menampilkan pada bulan Agustus ini semangat nasionalisme patriotisme bela negara dan juga semangat Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan.

“Karena itulah berbagai identifikasi dari budaya nasional, kami juga ditampilkan di dalam pendaftaran partai politik ini,” jelasnya.

Menurut Hasto, total peserta sebenarnya dirancang 77, tetapi partisipasi semakin meningkat atau mencapai 300.

“Sebagai anak-anak muda yang bergabung dalam pawai budaya, ada angklung, ada ibu-ibu berbusana adat daerah sehingga total hampir sekitar 300-an,” kata dia.

Sekitar pukul 07.25 WIB, barisan budaya itu berjalan menuju kantor KPU RI. Selama Proses Pendaftaran di Kantor KPU RI, Jajaran Marching Band dan Angklung mengiringi dengan lagu-lagu di luar halaman Kantor KPU RI

Hasto memimpin jajaran perwakilan DPP PDIP mekakukan pendaftaran di dalam gedung KPU. Dia akan didamping Bambang Wuryanto (Ketua DPP Partai Bidang Pemenangan Pemilu), Komarudin Watubun (Ketua DPP Partai Bidang Kehormatan Partai), Djarot Saiful Hidajat (Ketua DPP Partai Bidang Ideologi dan Kaderisasi), Sukur H. Nababan (Ketua DPP Partai Bidang Organisasi), Ahmad Basarah (Ketua DPP Partai Bidang Luar Negeri), Sri Rahayu (Ketua DPP Partai Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak), Utut Adianto (Wakil Sekjen Bidang Internal), Arif Wibowo (Wakil Sekjen Bidang Pemerintahan) dan Sadarestuwati (Sekjen Bidang Kerakyatan).

Selesai proses pendaftaran di KPU, rombongan long march kebudayaan PDIP akan kembali berjalan ke arah kantor pusat partai di Diponegoro.(faz/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs