Jumat, 19 April 2024

Polri Akan Antisipasi Politik Identitas Jelang Pemilu 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Irjen Pol Dedi Prasetyo Kepala Divisi Humas Polri. Foto: Divisi Humas Polri

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) siap mengawal pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, agar berjalan lancar dan dapat dipertanggungjawabkan. Salah satunya, dengan cara mencegah politik identitas dan provokasi.

Irjen Pol. Dedi Prasetyo Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri mengatakan, Polri akan membentuk satuan tugas (satgas) bersama pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama mencegah politik identitas dengan menguatkan sosialisasi serta pendidikan kampanye politik.

“Polri dan stakeholders terkait bersama dengan KPU, Bawaslu, dan partai politik kontestasi pemilu bersama-sama menyiapkan satgas untuk memberikan sosialisasi, edukasi, literasi bermartabat, menjaga etika, toleransi, modernisasi beragama, dan menjaga persatuan,” kata Dedi saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Dedi menjelaskan, agar Pemilu 2024 tidak mengalami polarisasi seperti Pilpres 2019 dan Pilkada 2020, maka masyarakat perlu mendapatkan sosialisasi dan edukasi yang masif tentang kampanye bermartabat, menjaga persatuan, dan kesatuan.

“Polri bakal melakukan sosialisasi dan edukasi dengan membuat forum diskusi terarah dengan melibatkan komponen masyarakat agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Upaya sosialisasi dan pendidikan, lanjutnya, tidak hanya di ranah diskusi tetapi juga di ranah dunia maya dengan membanjiri masyarakat kampanye modernisasi beragam, toleransi, dan menjaga kebhinekaan.

“Bersama Kementerian Kominfo dan para penggiat media sosial untuk menyosialisasikan dan mengkampanyekan moderasi beragama, toleransi, dan menjaga kebinekaan,” ujarnya.

Polri akan terus mengaktifkan patroli siber bersama, untuk memberikan peringatan kepada orang-orang yang menyebarkan konten-konten provokatif dan lainnya.

“Penegakan hukum merupakan ‘untimum remedium’ (langkah terakhir) agar kasus-kasus seperti hoaks, ujaran kebencian, dan lainnya tidak terjadi berulang dan masif,” kata Dedi.

Sebelumnya, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo Kepala Kepolisian RI (Kapolri) mendorong semua pihak untuk menyuarakan semangat persatuan dan kesatuan, untuk menghindari terjadinya polarisasi (gelombang) pada pelaksanaan pesta demokrasi 2024.

“Jadi kita harapkan tahun 2024, kita semua mendorong agar yang diutamakan adalah semangat persatuan dan kesatuan. Jadi semangat hari ini, kita ingin betul-betul bisa kita glorifikasi menjadi semangat bersama menghadapi event-event yang saya sebutkan. Baik event nasional, internasional maupun event perhelatan politik,” jelas Kapolri saat menghadiri Lomba Menembak Piala Kapolri di Mako Brimob Depok, Jawa Barat, Minggu (12/6/2022).

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum RI juga menggelar rapat koordinasi nasional yang bertujuan untuk mengkonsolidasikan jajarannya menjelang dimulainya tahapan pemilihan umum pada 13 Juni 2022. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs