Kamis, 28 Maret 2024

TB Hasanudin: Kunjungan Jokowi Presiden ke Rusia dan Ukraina Langkah Strategis Diplomasi Damai

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI. Foto: Biro Pers Setpres

TB Hasanuddin anggota Komisi 1 DPR RI mendukung rencana kunjungan Joko Widodo (Jokowi) Presiden ke Rusia dan Ukraina.

Kata Hasanuddin, langkah Jokowi tersebut hal yang positif bagi diplomasi damai Indonesia.

“Rencana kunjungan kenegaraan oleh Joko Widodo Presiden ke Ukraina dan Rusia tentunya adalah sebuah hal positif bagi diplomasi damai Indonesia dan harus didukung penuh,” ujar Hasanuddin dalam keterangannya, Rabu (22/6/2022).

Dia melihat kunjungan kenegaraan tersebut merupakan langkah sangat strategis karena kunjungan Jokowi nanti dapat meredakan ketegangan antara Ukraina dan Rusia yang akhir-akhir ini semakin meningkat.

“Setidaknya sudah 100 hari lebih terjadi konflik bersenjata antara kedua negara, dan belum juga menunjukkan tanda-tanda akan berakhir,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Hasanuddin, kunjungan tersebut dapat menjadi jembatan bagi solusi damai antara kedua negara.

Menurut Hasanuddin, konflik Ukraina dan Rusia telah berdampak negatif bagi stabilitas harga komoditas seperti minyak mentah dan bahan pangan secara global. Termasuk di Indonesia, harga beberapa bahan pangan seperti gandum atau minyak goreng mengalami kenaikan drastis.

Jika konflik tersebut tidak dicarikan jalan keluarnya secara damai dan semakin berlarut-larut, maka dunia akan jatuh kedalam krisis pangan global.

“Semoga agenda kunjungan kenegaraan Jokowi ke kedua negara nanti dapat membuahkan hasil yang positif dan konkrit bagi Indonesia di tengah ancaman krisis pangan dan ekonomi global yang semakin terlihat di depan mata saat ini,” tutup Hasanuddin.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs