Jumat, 29 Maret 2024

Tunaikan Ibadah Haji, Khofifah Tunjuk Emil Dardak Sebagai Plt Gubernur Jatim

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim (kiri) didampingi Emil Elestianto Dardak Wagub Jatim (kanan) saat pengajian menjelang keberangkatan ke Tanah Suci di Surabaya, Jumat (1/7/2022) malam. Foto: Biro Adpim Jatim.

Emil Elestianto Dardak Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur, untuk mengisi posisi Khofifah Indar Parawansa selama 20 hari karena sedang menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

“Bahwa surat izin Mendagri tanggal 21 Juni selama saya izin melaksanakan ibadah haji maka yang memimpin penyelenggaraan pemerintahan adalah Pak Emil Dardak sebagai Plt Gubernur,” ujar Khofifah, yang dikonfirmasi dari Surabaya, Minggu (3/7/2022).

Kendati demikian, Emil Dardak diminta selalu berkoordinasi dan bertanggung jawab kepada Khofifah Gubernur Jatim.

“Mohon doa untuk Plt Gubernur yang efektif mulai 3 Juli 2022, mudah-mudahan Pak Emil pada saat melaksanakan tugas juga diberikan kemudahan, kelancaran dan kesuksesan,” ucap dia.

Gubernur Jatim tersebut menunaikan ibadah haji bersama putrinya, Fatimah Sang Mannagali Parawansa, mulai 3 Juli 2022 dan dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 23 Juli 2022 melalui Embarkasi Jakarta.

Khofifah mengungkapkan bahwa perasaannya campur aduk menjelang keberangkatan ke Tanah Suci. Ada kesedihan yang dirasa ketika dia mengenang masa sang suami melakukan pendaftaran haji untuk keluarga tahun 2013.

“Suami saya daftar haji sekeluarga tahun 2013, tapi 2014 beliau dipanggil Allah SWT. Kemudian, tahun ini baru bisa berangkat, itu pun hanya dengan anak perempuan saya. Anak-anak yang lain belum masuk dalam kuota,” kata Khofifah.

Sementara itu, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Jatim diimbau tetap memaksimalkan seluruh kinerjanya sehingga roda pemerintahan berjalan dengan baik.

Mantan menteri sosial tersebut juga menegaskan bahwa selama ia menjalankan ibadah haji maka pelayanan kepada masyarakat harus tetap berjalan seusai harapan.

“Tidak ada sesuatu yang kemudian menjadi longgar selama saya izin menjalankan ibadah haji karena pada dasarnya roda pemerintahan ini menjadi bagian dari tugas bersama untuk menjaga serta mengawalnya,” pungkasnya.(ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs