Jumat, 17 Mei 2024

39 Usulan Nama Pj Kepala Daerah Jatim Sudah Masuk Tim Penilai Akhir

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Didik Chusnul Yakin Kepala Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah (Otoda) Sekdaprov Jatim waktu ditemui di Grahadi. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Sebanyak 39 usulan nama Penjabat (Pj) yang nantinya bertugas sebagai 13 kepala daerah di Jawa Timur sudah memasuki Tim Penilai Akhir (TPA) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Usulan nama-nama Pj itu berasal dari Gubernur Jatim, serta DPRD kota/kabupaten yang kemudian disetor ke Kemendagri pada awal Agustus 2023.

Mereka akan bertugas sebagai Pj menggantikan 12 bupati dan satu wali kota di Jatim yang masa jabatannya akan habis pada 24-25 September 2023 mendatang.

Didik Chusnul Yakin Kepala Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah (Otoda) Sekdaprov Jatim mengatakan 39 nama itu kini sedang proses penilaian dari TPA Kemendagri.

“Info sementara sudah masuk TPA (Tim Penilai Akhir),” kata Chusnul dikonfirmasi, Selasa (5/9/2023).

Didik memastikan proses penilaian itu selesai sebelum akhir September. Karena mengacu masa berakhirnya masa jabatan 13 kepala daerah tadi pada 24-25 September.

Menurutnya proses pemilihan Pj ini penting. Selain untuk mengisi kekosongan jabatan, juga bertugas melanjutkan pembangunan di daerahnya masing-masing.

“Tidak ada ketentuan (penetapan Pj paling lambat), yang jelas sebelum tanggal 24 September 2023 selesai (pemilihan Pj),” imbuhnya.

Setelah bersaing melalui tim penilaian, 13 kepala daerah itu akan dilantik oleh Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim. Selain itu, Khofifah meminta supaya ada pembangunan berkelanjutan meskipun daerah-daerah itu dipimpin oleh Pj.

Sebagai informasi, Sebanyak 18 Kepala Daerah di Jatim akan habis masa jabatannya menjelang akhir tahun 2023. Untuk 13 daerah, kini sedang proses penilaian penunjukkan Pj. Untuk daerahnya, sebagai berikut.

Pj Walikota Malang, Pj Bupati Probolinggo, Pj Bupati Bangkalan, Pj Bupati Bojonegoro, Pj Bupati Tulungagung, Pj Bupati Nganjuk, Pj Bupati Pamekasan, Pj Bupati Pasuruan, Pj Bupati Magetan, Pj Bupati Lumajang, Pj Bupati Madiun, Pj Bupati Bondowoso, dan Pj Bupati Jombang. (wld/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
25o
Kurs