Jumat, 3 Mei 2024

AHY Usai Bertemu Puan: Politik Rekonsiliasi Ini Sangat Dibutuhkan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPP PDI Perjuangan (kiri) dan Agus Harimurti Yudhoyono Ketua Umum Partai Demokrat (kanan) di Plataran Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (18/6/2023). Foto: Antara

Usai pertemuannya dengan Puan Maharani Ketua DPP PDI Perjuangan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketua Umum Partai Demokrat mengatakan politik rekonsiliasi sangat dibutuhkan dan dinantikan masyarakat.

“Untuk bangsa dan negara, politik rekonsiliasi semacam ini sangat dibutuhkan dan dinantikan masyarakat Indonesia,” ujar AHY dalam konferensi pers di Plataran Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (18/6/2023), dilansir Antara.

AHY menjelaskan, PDI Perjuangan dan Partai Demokrat merupakan dua partai yang memiliki pengalaman sebagai partai penguasa, sekaligus memiliki pengalaman sebagai partai oposisi.

Dia juga menyinggung komunikasi dan hubungan antarpartai yang belum bisa berjalan sebaik yang diharapkan dalam kurun waktu dua dekade terakhir, tepatnya sejak 2004.

“Tetapi, hadirnya kami berdua mudah-mudahan juga menjadi oase,” imbuhnya.

AHY berharap, pertemuan dengan Puan Maharani dapat membuka ruang dialog. Sehingga, bisa mencari solusi, bisa berbicara bersama, walau pun belum pasti pada posisi dan sikap yang sama.

“Silaturahmi tadi tentu tidak hanya membicarakan politik praktis, politik Pemilu 2024, tetapi banyak lagi isu kebangsaan, isu negara, isu rakyat yang bisa kita rajut bersama,” kata AHY.

Selain Puan Maharani dan AHY, pertemuan tersebut juga dihadiri Hasto Kristiyanto Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan dan Teuku Riefky Harsya Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

Hasto Kristiyanto didampingi Utut Adianto Ketua Fraksi PDIP, Bambang Wuryanto Ketua DPP PDIP, serta Andreas Hugo Periera dan Masinton Pasaribu politikus PDIP.

Sementara itu, perwakilan dari Partai Demokrat juga hadir Syarief Hasan Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, dan Didik Mukrianto Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat.

Teuku Riefky Harsya Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (17/6/2023) kemarin, mengatakan pertemuan AHY dengan Puan merupakan momentum penting untuk masa depan bangsa yang didasarkan pada semangat politik rekonsiliasi.

“Pertemuan itu merupakan momentum yang penting untuk masa depan bangsa, khususnya demokrasi di Indonesia. Niat baik kedua pemimpin muda itu tentu didasarkan pada semangat politik rekonsiliasi, yang akan memulai babak baru bagi hadirnya sinergi, kolaborasi, dan gotong royong di antara sesama anak bangsa,” kata dia. (ant/fra/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
31o
Kurs