Minggu, 28 April 2024

Baliho Partai Disebut Lebih Banyak dari Jumlah Pengurus, Sekjen PSI: Silahkan Baca Survei

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Raja Juli Antoni Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di sela-sela acara kunjungan Kaesang Pangarep Ketum PSI ke Pati, Jawa Tengah, Minggu (17/12/2023). Foto: Antara

Raja Juli Antoni Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (Sekjen PSI) meminta pihak yang menyebut ada partai yang jumlah balihonya lebih banyak dari pengurus untuk membaca survei.

“Mesti baca beberapa survei,” kata Raja Juli di sela-sela menemani kunjungan Kaesang Pangarep Ketua Umum PSI di Pati, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (17/12/2023).

Dilansir Antara, hal itu disampaikan Raja Juli saat diminta untuk merespon pernyataan Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP, yang menyebutkan ada partai dengan jumlah baliho lebih banyak dari pengurusnya.

Terkait hal itu, Raja Juli menekankan beberapa hal. Pertama, bahwa sejak Kaesang menjadi Ketua Umum, PSI dirasakannya bukan lagi partai kecil dengan pengurus yang sedikit.

“Pengurus kami sudah sampai ke kecamatan-kecamatan sampai di desa. Jadi, jumlah pengurusnya (kami) juga lebih banyak,” katanya.

Dia kemudian menyebutkan survei indikator yang menunjukkan bahwa partai dengan jumlah APK paling banyak justru PDIP.

“Menurut survei indikator, APK paling banyak itu namanya partainya PDIP. PSI urutan ke-11. Jadi, ada baiknya survei itu dibaca,” kata dia lebih lanjut.

Raja Juli selanjutnya meminta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menyebutkan kepada publik, terkait partai yang diduga terlibat dalam transaksi triliunan rupiah.

“PSI partai terbuka, partai transparan, siap justru untuk adu data. Semua laporan keuangannya kampanye itu pasti akan di-published oleh PSI. Apalagi kalau yang minta PPATK. Ya, kita akan sampaikan,” kata Raja Juli.

“Tapi PPATK kan melacak itu. Jadi, saya setuju sekali. Buka-bukaan saja, akan kelihatan siapa partai yang paling banyak APK-nya dan mungkin ada transaksi dana ilegal,” sambungnya.

Sebagai informasi, Kaesang Pangarep dan DPP PSI melakukan safari politik ke-12 kota di Jateng dari 16-20 Desember 2023, untuk mendengar aspirasi masyarakat di daerah tersebut.

Sejak menjabat sebagai Ketua Umum PSI, Kaesang gencar melakukan safari politik ke sejumlah daerah di Tanah Air.

Sebelum ke Jateng, Putra Bungsu Joko Widodo Presiden itu juga melakukan safari politik ke Medan, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Manado, Sulawesi Utara, Bandung, Jawa Barat, beberapa daerah di Jawa dan Jakarta. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs