Kamis, 16 Mei 2024

BRIN: Bakal Cawapres Jadi Penentu Pertarungan Pilpres 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi surat suara Pemilu. Foto: Grafis suarasurabaya.net

M.Nurhasim Direktur Politik dan Hankam Badan Riset dan Inovasi (BRIN) menyebut Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) ideal pilihan generasi milenial.

“Kalau dari kalangan muda, beliau (Ganjar) juga punya inspirasi sebagai salah satu tokoh milenial yang punya potensi pengalaman politik yang luar biasa,” ujar Nurhasim dilansir Antara, Minggu (16/7/2023).

Ganjar mengawali karier politik sebagai Anggota DPR RI. Kemudian, dia menjadi Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode. Selain itu, Nurhasim menyebut Ganjar memiliki karakter yang low profile.

“Pak Ganjar saya lihat meniru model karakter Pak Jokowi meski tidak sama. Pak Ganjar orangnya tidak terlalu banyak bicara yang terlalu tinggi, bahasanya diukur dengan komunikasi bisa dipahami masyarakat kecil,” imbuhnya.

Meski demikian, Nurhasim menilai elektabilitas bakal capres masih dinamis. Sehingga, Ganjar harus waspada serta menemukan langkah-langkah kreatif untuk mempertahankan dan meningkatkan elektabilitas.

Salah satunya penentuan bakal calon wakil presiden. Menurut Nurhasim, bakal cawapresnya nanti harus bisa mendukung elektoral Ganjar.

“Bukan hanya dari sisi punya modal, tetapi harus mewakili segmentasi pemilih di luar segmentasi pemilih saat ini yang mendukung Ganjar. Karena kalau sama, nggak ada gunanya,” sebut Nurhasim.

Sementara itu, Fetra Ardianto peneliti senior dari Lembaga Survei Jakarta (LSJ) menyebut Prabowo Subianto sosok yang kompeten untuk menjadi Presiden RI periode 2024–2029.

Kompetensi itu terlihat dari kinerja sebagai Menteri Pertahanan yang diapresiasi oleh publik. Prabowo juga berhasil mendatangkan beberapa alutsista dari luar negeri untuk memperkuat lini pertahanan Indonesia.

Atas banyaknya prestasi, Prabowo dinobatkan sebagai menteri terbaik atau Outstanding Leader in National Defense and Security di Ajang Indonesia Awards.

“Pak Prabowo merupakan menteri terbaik dalam pemerintahan Presiden Jokowi di periode kedua,” kata Fetra beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, sejumlah nama bakal calon presiden yang muncul yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan sampai sekarang belum menentukan nama calon pendampingnya.

Beberapa nama yang santer beredar di bursa bakal cawapres antara lain Erick Thohir, Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, Mahfud MD, Khofifah Indar Parawansa, dan Andika Perkasa.(ant/saf/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
25o
Kurs