Jumat, 3 Mei 2024
Debat Cawapres

Cak Imin Ingin Selepet Omnibus Law untuk Mempercepat Investasi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Muhaimin Iskandar calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 dalam debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023). Foto: Tangkapan layar YouTube KPU

Investasi menjadi pertanyaan yang ditujukan ke Muhaimin Iskandar calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 debat perdana cawapres, Jumat (22/12/2023) malam di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

Menurut pasangan Anies Basweda tersebut, investasi adalah salah satu aspek penting dalam pertumbuhan ekonomi. Hanya saja, investasi tak bisa masuk tanpa adanya trust.

“Kita perlu menggeser investasi menjadi padat karya yang bisa melibatkan seluruh anak bangsa ini mendapatkan pekerjaan,” kata Cak Imin.

Ia menambahkan, investasi yang transparan akan membuka akses bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk terlibat dalam proses investasi yang masuk ke dalam negeri maupun yang ada di masyarakat.

“Agar investasi bisa masuk buat kalangan UMKM dan pelaku usaha kecil, maka kita harus buatkan kapasitas dan kualitas produksi dari UMKM. Tanggung jawab pemerintah untuk meyakinkan sekaligus memberi fasilitas kemampuan pemasaran untuk meyakinkan para calon investor baik di dalam negeri maupun dari luar negeri,” imbuh Cak Imin.

Kemudian, ia menampaikan bahwa yang terpenting adalah jaminan bahwa investasi tidak disalahgunakan. Dalam hal ini, hukum harus ditegakkan agar meningkatkan kepercayaan.

Cak Imin juga menilai bahwa pemerintah kurang sigap dengan keberadaan omnibus law. “Kita ada omnibus law, (yang) ramah terhadap investasi. Tapi pemerintah terlampau lambat. Harus kita selepet,” ucapnya,

Cak Imin menambahkan bahwa pemerintah ke depan harus mempersiapkan sarana dan prasarana untuk percepatan izin investasi.

“Izin berbelit, itu akan membuat trust hilang. Kita benahi pemerintah dengan infrastruktur yang memadai,” terangnya.

Debat kedua Pemilu 2024 berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada Jumat (22/12/2023) mulai pukul 19.00 WIB. Debat kali ini merupakan debat perdana bagi cawapres.

Tema debat cawapres kali ini adalah ekonomi, yang menyangkut ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital; keuangan; investasi pajak; perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD; infrastruktur; dan perkotaan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU juga telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat peserta Pilpres 2024. Seluruh rangkaian debat akan dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Meski demikian, pasangan capres/cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Debat kedua untuk cawapres akan berlangsung pada tanggal 22 Desember 2023 dengan topik ekonomi, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, dan APBN.(saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs