Jumat, 12 April 2024

Cak Imin Tepis Isu Politik Identitas yang Melekat ke Anies Baswedan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Hotel Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9/2023). Foto: Frans magang suarasurabaya.net

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin calon Wakil Presiden RI nomor urut satu pada Pemilu 2024, menepis isu politik identitas yang melekat pada Anies Baswedan Calon Presiden yang didampinginya.

Cak Imin mengatakan bahwa Anies adalah sosok yang memiliki toleransi tinggi, karena merangkul masyarakat minoritas dan menjunjung kebhinekaan ketika masih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Hal ini ia sampaikan saat melakukan blusukan ke pasar Chinatown, Glodok, Jakarta Barat pada Kamis (30/11/2023).

“Saya bersyukur bertemu teman-teman komunitas Tionghoa, Katolik, Kristen, Budha, semua agama ada di sini Konghucu mereka semua memberi testimoni kepada saya bahwa mas Anies sebagai gubernur telah membuktikan dia bersikap adil,” ujar Cak Imin dilansir Antara.

Ia juga mengungkit rekam jejak Anies yang membangun banyak tempat ibadah selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Misalnya gereja yang dibangun banyak selama masa gubernur, terbanyak tempat ibadah lainnya, izin wihara (Dharma Bakti) mas Anies yang keluarkan kemudian beberapa gereja yang puluhan tahun tidak dikeluarkan izinnya, dikeluarkan izinnya oleh mas Anies,” tambahnya.

Cak Imin juga berjanji bila pasangan AMIN terpilih, maka pemerintahnya akan memfasilitasi dialog-dialog lintasiman dan menghapus aturan yang dapat menimbulkan diskriminasi.

“Banyak sekali yang paling pokok memberikan peluang semua agama tumbuh dengan baik kemudian mendorong agama sebagai insipirasi dan motivasi bagi bangsa ini dengan cara apa? Pemerintah fasilitasi dialog-dialog lintasiman, kedua menghapus seluruh aturan yang memungkinkan adanya diskriminasi, ketiga tentu perhatian pemerintah kepada seluruh penjaga, tokoh agama, tokoh masyarakat untuk mendapat penghormatan dan penghargaan dari negara,” jelasnya.

Lebih lanjut, dalam kunjungannya ke Chinatown, Cak Imin juga melepas sebanyak 99 burung gereja sebagai tradisi kepercayaan orang Tionghoa yakni Fang Sheng atau ‘buang sial’. Dia menjelaskan hal ini sekaligus menjaga tradisi etnis Tionghoa.

“Dan yang berikutnya, saya juga melepas burung tadi 99 burung sebagai doa AMIN menang. Istilahnya Fang Sheng. Saya juga titip ke Daniel (Wasekjend DPP PKB) untuk beli kura-kura nanti ditulisi nama saya dilepas di laut, ini tradisi-tradisi Tionghoa yang akan kita jaga” pungkasnya.

Sebagai informasi, KPU RI pada 13 November 2023, telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (ant/feb/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 12 April 2024
27o
Kurs