Jumat, 29 Maret 2024

Cak Imin Yakin Golkar Tidak Akan Dukung PDI Perjuangan di Pemilu 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Muhaimin Iskandar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Kediaman Boediono Wakil Presiden RI ke-11, Jakarta, Rabu (17/5/2023). Foto: Antara

Muhaimin Iskandar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (Ketum PKB) yakin Partai Golkar tidak akan mendukung PDI Perjuangan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pernyataan itu disampaikan Cak Imin sapaan akrabnya, menanggapi wacana bergabungnya “partai kuning” itu ke PDI Perjuangan untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres).

“Saya yakin Golkar tidak akan dukung PDIP. Saya yakin,” ujar Cak Imin usai menyambangi kediaman Boediono Wakil Presiden (Wapres) RI ke-11 di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023) seperti dikutip Antara.

Kendati begitu, Cak Imin tidak memberikan pernyataan lebih jauh alasannya meyakini Golkar tidak akan bergabung dengan PDI Perjuangan. “Ya keyakinan. Namanya juga yakin,” kata Cak Imin singkat.

Diketahui, PKB dan Golkar sepakat membangun koalisi inti sebagai bentuk tindak lanjut dari wacana pembentukan koalisi besar.

Terkait koalisi inti tersebut, Cak Imin mengatakan pihaknya berkomunikasi setiap hari dengan Golkar. Dia menyebut, koalisi inti tengah menggodok pengembangan koalisi maupun pasangan capres dan cawapres.

“Ya kita lagi proses terus, dinamis ya. Nanti moga-moga Juni akhir ada kristalisasi,” ujar Cak Imin.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani memberikan sinyal bahwa partai berwarna kuning akan bergabung dengan koalisi Ganjar Pranowo bacapres.

Hal ini disampaikan Puan usai Rapat Paripurna DPR RI Pembukaan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2022-2023, Jakarta, Selasa (16/5/2023).

“Pakai baju kuning,” celetuk Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco yang berdiri di samping Puan saat disinggung awak media terkait adakah partai lain yang ingin dipikat.

Saat ditanya lebih lanjut terkait partai kuning, Puan enggan menjelaskan partai mana kah yang dimaksud. Sebab, ada beberapa partai yang memiliki unsur kuning, seperti Golkar, Gerindra, Hanura dan lainnya.

“Bisa semua, memang begitulah namanya strategi, rahasia ya, tidak boleh dikasih tahu, tapi seperti Pak Dasco bilang hari ini kuning,” kata Puan.

Di sisi lain, Lodewijk F Paulus Sekretaris Jenderal (Sekjen) Golkar mengatakan partainya saat ini masih menjalani silaturahmi dan berkomunikasi dengan PDI Perjuangan.

“Justru itu kami masih silaturahmi. Ini lagi jalan baru mau ngobrol habis ini,” ujar Lodewijk. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs