Sabtu, 24 Februari 2024

Daftar Bacaleg ke KPU Surabaya: Nasdem Diantar Puluhan Kader, PDIP Dikawal Ratusan Orang dan Long March Pakai Reog

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pendaftaran Bacaleg PDIP dikawal ke KPU Surabaya ratusan kader serta membawa penampilan Reog Ponorogo, dan Paskibra, Kamis (11/5/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menerima pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) dari dua partai politik, yakni DPD Nasdem Surabaya dan DPC PDI Perjuangan Surabaya, Kamis (11/5/2023).

Pantauan suarasurabaya.net, DPD Nasdem Surabaya yang diantar puluhan kader tiba di Kantor KPU Jalan Adityawarman pukul 11.00 WIB. Usai turun dari kendaraan mobil maupun pick up, para bacaleg dan kader disambut lima personel penari remo sebelum masuk untuk menyerahkan dokumen pendaftaran.

Imam Syafi’i Ketua Bappilu DPD Nasdem Surabaya menyebut, total ada 50 bacaleg yang didaftarkan. Dari keseluruhan, sudah memenuhi PKPU tentang 30 persen bacaleg tiap dapil harus wanita.

DPD Nasdem Surabaya bawa penampilan tarian remo sebelum pendaftaran bacaleg di KPU Surabaya, Kamis (11/5/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

“Yang kami daftarkan kuota perempuannya 36 persen, 18 orang. Kemudian untuk milenial dan gen Z 34 persen, 16 orang. Jadi satu per tiga bacaleg Nasdem perempuan, satu per tiganya lagi milenial dan gen Z dengan usia termuda 20 tahun perempuan dan laki-laki,” kata Imam saat tiba di Kantor KPU Surabaya.

“Perolehan suara, target, tiga anggota dewan yang kita sudah punya di dapil satu, dua, dan lima. Dapil yang sudah ada anggota dewan, harapannya bisa menambah. Yang belum bisa dapat target satu kursi. (Total) mudah-mudahan delapan kursi,” terangnya lagi.

Sementara DPC PDI Perjuangan Surabaya yang dijadwalkan mendaftar pukul 13.00 WIB, sudah tiba setengah jam sebelumnya. Arus lalu lintas sepanjang Jalan Adityawarman sempat steril, karena ratusan kader memblokade untuk jalan long march dengan barisan paling depan personel Reog Ponorogo dan Jaranan disusul Paskibraka.

Usai long march, jajaran pengurus dan bacaleg PDIP langsung masuk ruangan untuk mendaftarkan dokumen. Berbeda dengan Nasdem yang hanya menarget delapan kursi, PDIP menarget perolehan 30 kursi tahun 2024 nanti.

Adi Sutarwijono Ketua DPC PDIP Surabaya mengatakan target itu naik 100 persen dibanding pencapaian 2019 lalu, dimana partainya mampu menduduki 15 kursi dewan.

“Kuota perempuan 30 persen. Milenialnya banyak. Target kursi sebanyak-banyaknya, 30 kursi naik 100 persen. 2019, 15 kursi. 2024 kami bekerja keras untuk datangkan 30 kursi di DPRD Surabaya juga kenaikan di Jatim dan RI dan suara berlimpah untuk memenangkan ganjar,” ujarnya.

Awi sapaan akrabnya juga menyampaikan, arak-arakan pawai kebudayaan hari ini bentuk upaya PDIP menjaga keberagaman budaya.

Termasuk long march ratusan kader dari Kantor DPC PDIP Surabaya Jalan Setail Darmo hingga Kantor KPU Surabaya, menandakan partainya siap menyongsong kemenangan ketiga kalinya pada pemilu 2024 mendatang.

“Serta menunjukkan ke publik kami berjalan kaki dari jalan raya supaya publik menangkap aura kebahagiaan PDIP, politik yang dilandasi kegembiraan dan optimisme tidak cuma kami siap sukses pemilu 2024. Tapi, juga memetik kemenangan ketiga kali dalam pemilu 2024. Sekaligus memenangkan Ganjar Pranowo sebagai presiden Indonesia,” terangnya.

Sementara Nur Syamsi Ketua KPU Surabaya menyatakan, usai pendaftaran bacaleg mulai 1-14 Mei 2023, akan ada verifikasi administrasi semua dokumen yang diajukan parpol.

“Parpol mengajukan bakal calon, kemudian kami cek dihari yang sama, pascatanggal 14 verifikasi administrasi jika kemudian ada beberapa dokumen yang perlu perbaikan, maka akan masuk perbaikan sampai semingguan,” tandasnya.

Untuk diketahui, jumlah partai politik yang sudah mendaftarkan bacalegnya, baru tiga yaitu Hanura, Nasdem, dan PDIP. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Sabtu, 24 Februari 2024
27o
Kurs