Minggu, 21 April 2024

Sembilan Hari Dibuka, Belum Ada Bacaleg Daftar di KPU Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Soeprayitno Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Surabaya, Selasa (9/5/2023). Foto: Istimewa

Selama pembukaan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) sejak tanggal 1 Mei hingga hari ini, Selasa (9/5/2023), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya menyebut belum ada partai politik (parpol) yang mendaftar.

Soeprayitno Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Surabaya menyebut, meski belum ada yang mendaftar, namun pihaknya sudah komunikasi dengan parpol mengenai jadwal penyerahan dokumen.

“Jadi untuk tahapan atau jadwal pengajuan bakal anggota DPRD Surabaya mulai tanggal satu sampai 14 Mei 2023. Namun, mulai tanggal 1 sampai 8 Mei 2023 belum ada satupun partai politik di Kota Surabaya yang menyerahkan dokumen bakal caleg mereka. Kendati demikian, sudah ada konfirmasi lintas partai tersebut melalui masing-masing petugas penghubung kepada kita KPU Kota Surabaya,” beber Soeprayitno, Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, mayoritas bacaleg masih menyelesaikan syarat administrasi pencalonan. Selain itu belum adanya partai yang mendaftar karena masih berlangsung bongkar pasang nomor urut.

“Seperti SKCK. Di mana SKCK ini adalah syarat mendaftarkan surat keterangan tidak pernah dipidana dari pengadilan negeri, selain itu ada bacaleg yang berusaha menuntaskan legalisir ijazah mereka. Di sisi lain di internal partai politik sendiri sebagaimana yang disampaikan LO, itu masih berlangsung bongkar pasang nomor urut, itu menjadi ranah partai politik. Selain itu partai politik juga masih menunggu surat persetujuan dari DPP masing-masing Partai tentang usulan bacaleg di mana persetujuan ini harus ditandatangani ketua umum dan sekjen seperti itu,” terangnya.

Soeprayitno menjelaskan, jadwal pelayanan pendaftaran itu dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Namun, khusus hari terakhir 14 Mei, akan dibuka sampai pukul 23.59 WIB.

“Artinya arus lalu lintas kedatangan partai politik, terkait pengajuan bacaleg ini terus intens kita komunikasikan dengan LO kapan mereka datang jam berapa kita bisa mengatur arus lalu lintas kedatangan mereka,” imbuhnya.

KPU Surabaya juga mengantisipasi kedatangan partai politik yang mendaftar bacaleg disertai karnaval atau arak-arakan.

“Berdasarkan konfirmasi, mereka datang dengan kesenian tradisional jaranan dan lainnya seperti itu, ada semacam karnaval. Itu sudah kita antisipasi di mana yang datang akan kita persilakan di ruang transit dulu baru naik ke lantai 3 dan ke lantai 4 pengajuan bacaleg. Prinsipnya silakan partai politik dalam pengajuan bacaleg melibatkan kesenian tradisional, pawai dan lain-lain. Namun kami berpesan tetap kedepankan kepentingan umum terutama terkait bagi pengguna jalan,” jelasnya.

Berdasarkan data sementara per 8 Mei 2023 pukul 17.00 WIB, Partai Ummat bakal mendaftar pada Rabu (10/5/2023), begitu juga Hanura, Nasdem, di hari yang sama.

Sementara PAN, Partai Garuda, Partai Gelora, PKS, dan PKB rencananya mendaftar Jumat (12/5/2023). PBB dan Gerindra bakal mendaftar pada Sabtu (13/5/2023). Sementara PSI, PPP dan Partai Buruh bakal mendaftar di Minggu (14/5/2023).

“Yang lain belum konfirmasi,” tandasnya. (lta/ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 21 April 2024
26o
Kurs